Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2017, 23:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Sembilan mengandung bukan berarti suami istri cuti bercinta. Sebaliknya, berhubungan seks kala hamil justru sangat disarankan. Pasalnya, aktivitas intim bisa membuat masa kehamilan menjadi lebih indah untuk istri dan juga membahagiakan suami.

Menurut Profesor Pepper Schwartz Ph.D., dari University of Washington jurusan sosiologi, hubungan seksual saat hamil sangat efektif untuk mempertahankan kelanggengan hubungan suami istri.

“Hubungan seksual saat istri hamil sangat penting untuk mempertahankan fondasi keluarga,” jelas Profesor Schwartz.

Dia menambahkan bahwa bercinta saat hamil tidak kalah seru karena suami dan istri bisa menemukan posisi-posisi baru yang sebelumnya belum pernah Anda berdua coba.

Kemudian, spesialis kandungan dan kebidanan di Mount Sinai Hospital, Toronto, Canada, Claire Jones, MD., mengatakan sensasi bercinta saat istri hamil sangat istimewa. Sebab, area intim istri akan mudah terstimulasi sehingga memproduksi banyak cairan.

Selain itu, klimaks bercinta membuat tubuh suami dan istri dibanjiri oleh oksitosin, yakni hormon yang memproduksi endorfin sehingga membuat diri merasa bahagia dan nyaman.

Alasan tersebutlah mengapa pasangan suami istri sangat dianjurkan untuk rajin becinta ketika masa kandungan istri telah memasuki trimester akhir.

Sebab, kehadiran endorfin bisa membuat istri Anda lebih tenang saat stres menjelang waktu persalinan dan melahirkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com