Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2017, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kilau berlian memang luar biasa memikat. Selama ini berlian yang lebih dikenal umum adalah berlian yang jernih dan tak berwarna. Padahal, bumi kita juga menyediakan berlian dengan warna-warna indah.

Menurut Devi Cahyadi, Procurement & Merchandising Manager of Colored Stone Mondial, berlian memiliki dua kategori besar, yaitu Colorless Diamond dan Fancy Colored Diamond.

Berlian berwarna tergolong langka, terutama warna-warna unik seperti oranye, pink, dan merah. Khusus untuk berlian merah, biasanya hanya dijadikan koleksi dan dijual di rumah lelang.

"Warna berlian yang paling banyak dihasilkan bumi adalah yang tidak berwarna, warna kuning dan cokelat. Setiap tambang bisa menghasilkan warna bermacam-macam, tetapi ada yang warnanya kuat, ada yang kurang intens," kata Devi dalam acara Private Viewing Precious Stone, Colored Diamond & Pearl dari Mondial di Jakarta (6/6/2017).

Warna kuning berasal dari kandungan nitrogen, selain karbon, pada berlian. "Nitrogen yang menghasilkan warna kuning. Tapi, tidak semua warna kuning sama, ada yang kadarnya sedikit, ada yang banyak," ujar Devi.

Ia menambahkan, koleksi terbaru dari Mondial berupa berlian berwarna dipilih dari material terbaik dengan saturasi warna yang kuat.

"Warna berlian dari koleksi terbaru ini sangat intens dan vivid. Dalam hal berlian berwarna, makin banyak saturasi warnanya, makin bagus juga warnanya, sehingga harganya makin mahal dan bernilai tinggi," katanya.

Sebagai perusahaan ritel berlian, Mondial memperkenalkan koleksi perhiasan dengan batu tengah berlian kuning mulai dari anting, cincin, kalung, dan gelang. Semua kolesi ini memiliki sertifikat GIA (Gemological Institute of America). Lembaga tersebut merupakan salah satu laboratorium professional yang dipercaya di dunia dalam mengeluarkan sertifikat berlian.

Kompas.com/Lusia Kus Anna Cincin dengan berlian kuning yang bersertifikasi GIA dari Mondial.
Devi mengatakan, saat ini Mondial memperkenalkan berlian kuning untuk memberikan pengalaman baru pada pecinta berlian di Indonesia.

"Saat ini belum banyak yang konsumsi fancy colored diamond. Tapi, sejauh ini minatnya cukup tinggi. Walau begitu, terlalu dini untuk disimpulkan apakah market di sini suka," ujarnya.

Pecinta koleksi berlian pada umumnya akan mencari koleksi khusus. Pada pemula, biasanya mereka akan membeli colorless diamond, kemudian mulai masuk ke berlian berwarna. Koleksi berlian berwarna pun memiliki beberapa tingkatan, mulai dari yang kuning, cokelat, pink, sampai ke warna yang langka.

"Mencari warna yang antik tidak mudah, harganya juga sulit ditebak," katanya.

Menurut Yogi Siswantoro, Brand Manager Mondial, harga berlian berwarna beragam tergantung pada karat-nya. "Untuk berlian berwarna pink satu karat ada yang sekitar 1,5 miliar. Kalau yang kuning sekitar 200 juta satu karat," ujarnya.

Meski harganya cukup fantastis, namun menurut Yogi berlian itu selalu saja ada peminatnya. "Orang ingin mencari sesuatu yang bisa digunakan tapi uangnya aman. Makanya mereka membeli perhiasan bertahtakan berlian. Kalau sertifikat tanah mana bisa dipajang," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com