Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Giat Kejar Karier Setelah Punya Anak

Kompas.com - 12/06/2017, 12:15 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Setelah berkeluarga dan memiliki anak, ada stereotip yang menyebut karyawan wanita kurang kompetitif dan minat kerjanya menurun karena fokus utamanya lebih ke anak.

Faktanya ternyata tidak demikian.  Menurut salah satu kajian Accenture , ibu-ibu yang kembali bekerja setelah melahirkan anak justru memiliki semangat kerja lebih tinggi dibanding dengan rekannya yang lajang.

Dalam kajian tersebut dikatakan, 70 persen wanita yang telah memiliki anak semangat kerjanya lebih besar ketimbang 67 persen wanita yang belum memiliki anak. Bukan hanya itu, ibu bekerja juga cenderung lebih giat mengejar kenaikan pangkat dan gaji yang lebih tinggi.\

Penelitian lain menyebutkan, karena harus lebih cerdas membagi waktunya, banyak ibu bekerja yang justru bekerja lebih efisien di kantor sehingga tidak perlu lembur atau membawa pulang pekerjaan.

Selain mengejar karier di kantor, seorang ibu juga umumnya menginginkan menjadi wirausaha yang sukses dan menjalankan usahanya sendiri.

Wanita yang telah memiliki anak juga tak akan ragu untuk meminta kelonggaran waktu kerjanya untuk mengimbangi kehidupan kerja dan keluarga. Motivasi terbesar seorang wanita untuk bekerja biasanya untuk membantu finansial keluarga atau pun ingin mengikuti passion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com