Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kesehatan, Hugh Jackman Mencoba "Cryotheraphy"

Kompas.com - 13/06/2017, 13:09 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Cryotherapy atau perawatan tubuh menggunakan energi bersuhu sangat dingin memang sedang tren. Selebriti terakhir yang diketahui melakukan terapi ini adalah Hugh Jackman.

Aktor yang juga dikenal sebagai "Wolverine" ini mengunggah aktivitasnya mencoba cyrotherapy di akun instagramnya pada tanggal 8 Juni 2017.  Pada keterangan videonya, ia menulis "Hari terbaik. Lampu disko dan musik berhasil mengalihkan perhatianmu... atau saya.. dari kondisi minus 100 derajat. Cukup berhasil! #Cryotherapy."

Bila dilakukan secara rutin, cryotherapy diklaim mampu mempercepat pemulihan otot setelah olahraga, memperbaiki nyeri sendiri, memperbaiki sirkulasi, mengurangi peradangan, memperbaiki mood, hingga membakar kalori.

Di Amerika Serikat, terapi ini populer berkat testimoni para atlet yang mengaku selalu meluangkan waktu untuk cyrotherapy. Pesepakbola Critiano Ronaldo termasuk dalam atlet yang rutin melakukannya.

 

The (disco) lights and music are there to distract you ... or me ... from the -211 conditions. It worked! #Cryotherapy

A post shared by Hugh Jackman (@thehughjackman) on Jun 8, 2017 at 5:37am PDT

Di Indonesia sendiri, terapi ini sudah bisa dilakukan, yaitu di Polaris Centre Jakarta. Kompas Lifestyle belum lama ini pernah mencoba sesi whole body cryotherapy yang dilakukan di ruangan khusus atau cryo cabin. 

Kabin itu diisi dengan udara dingin yang telah di proses di mesin dari nitrogen cair secara perlahan dengan pola yang terkontrol agar suhu mencapai minus 90 hingga minus 120 derajat.

Pada saat masuk cryo cabin, suhu dingin yang menusuk tubuh, seperti berada di puncak gunung es. Walau begitu, disarakan untuk melakukan gerakan-gerakan ringan seperti mengoyang-goyangkan badan atau melakukan jalan di tempat.

Jika ada bagian tubuh yang merasakan suhu sangat dingin, misal paha atau pergelangan lengan, artinya pada titik itu terdapat lemak-lemak membandel. Bila dilakukan rutin, lemak akan berkurang. Dalam satu sesi terapi selama 3 menit, bisa membakar 500-800 kalori.

"Suhu dingin tersebut akan memicu respon fight or flight tubuh, menstimulasi sirkulasi darah dan meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke area-area tubuh yang membutuhkan, serta merangsang hormon endorphin untuk menghilangkan stres," kata Cryotherapy Specialist dari Inggris, Patrick Cuthbert.

Tidak semua orang diperbolehkan melakukan terapi ini.  "Yang punya penyakit jantung dan pembuluh darah tidak disarankan. Minimal harus berusia 12 tahun dan tinggi badan 150 cm, tetapi jika dibawah 150 bisa dibantu dengan kursi saat terapi," kata Presiden Direktur Polaris Indonesia, Marina Klent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com