Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2017, 17:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber The Sun

Meski kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita perempuan, nyatanya pria tak luput dari penyakit ini.

Penyebab pasti kanker payudara memang belum jelas, namun ada sejumlah faktor yang dianggap berperan. Misalnya seperti obesitas atau ada riwayat kanker payudara dalam keluarga, baik itu perempuan atau pria.

Umur juga berpengaruh. Pada kasus kanker payudara pria, kebanyakan berusia di atas 60 tahun. Risiko penyakit ini memang kecil, sekitar 1 dari 100.000.

Penyakit ini bisa dideteksi dengan mengetahui gejala paling umum, yaitu benjolan dan rasa sakit di salah satu bagian payudara, biasanya terletak di bagian bawah puting dan kulit berwarna gelap yang disebut areola.

Seperti halnya pada perempuan, kanker payudara pada pria juga membuat puting susu masuk ke dalam dan mengeluarkan cairan.

Gejala lain yang perlu diwasapdai adalah perubahan bentuk payudara, berwarna kemerahan atau muncul ruam, perubahan tekstur kulit dan rasa nyeri hebat. Bila Anda mencurigai ada gangguan, periksakan pada dokter.

Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat. Kondisi ini dapat dicapai dengan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Dalam banyak kasus, gejala-gejala gangguan payudara pada pria bukan kanker. Mayoritas benjolan di payudara pria karena gynaecomastia atau ‘man boobs’, yakni jaringan payudara membesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com