Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2017, 17:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Bila sering merasa gatal di beberapa bagian lipatan tubuh terutama pada malam hari, kemungkinan besar Anda terkena parasit yang masuk ke kulit atau disebut dengan scabies.

Dr Jonathan Raharjo Subekti SpKK mengatakan, scabies ditularkan oleh manusia.  Biasanya penularan terjadi di lingkungan dengan kondisi tidur di satu kasur beramai-ramai, misalnya  tiga hingga lima orang atau pun memakai pakaian secara bergantian.

"Gejalanya yang pertama paling sering adalah gatal. Gatalnya ada karakteristiknya, paling sering malam hari," kata Jonathan kepada Kompas Lifestyle saat saat peluncuran Hydrabio Essence Lotion dan Hydrabio Gel Creme dari Bioderma di Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Parasit scabies merupakan nokturnal yang lebih aktif di malam hari. Rasa gatal pun hanya di bagian tertentu yang dijadikan sarang parasit. Biasanya muncul gatal di bagian lipatan dan kulit tipis seperti ketiak, pusar, selangkangan hingga alat kelamin.

Untuk mengatasinya, Jonathan menyarankan menggunakan krim yang mengandung permethrin. Krim itu dioleskan ke seluruh tubuh dari leher sampai ujung kaki dan lipatan tubuh tak boleh terlewatkan.

Waktu pengolesan sebaiknya dilakukan malam hari setelah mandi "Kemudian besok pagi bisa mandi seperti biasa. Kemudian kalau masih gatal bisa diulang lagi pemakaiannya sampai satu minggu," kata Jonathan.

Agar penanganannya tuntas, pengobatan juga perlu dilakukan pada setiap orang di rumah tersebut, meskipun yang terkena hanya satu orang. Karena bisa juga anggota keluarga lain terkena, namun belum muncul gatal.

Selain itu bersihkan pakaian, kasur, sprei dan dicuci dengan rendaman air panas. "Supaya si tungaunya mati. Jadi ketika kita obati, tungaunya di badan sudah mati. Tapi tidur di situ lagi (belum dicuci) nanti kena lagi." ujar Jonathan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com