Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2017, 16:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Kita sering mendapati makanan yang kita pesan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bahkan tak sedikit makanan yang kita terima tampak tak layak dikonsumsi.

Sebagai konsumen, kita berhak melakukan komplain. Namun, ada caranya agar keluhan itu bisa ditanggapi dengan baik.

Menurut Chef Juna, ketika baru suapan pertama dan kedua rasa masakan tersebut terasa aneh maka jangan diteruskan. Lebih baik sampaikan kepada chef-nya untuk memberitahukan bahwa makanan tersebut terasa tidak enak.

"Kalau sudah tidak enak kasih tahu pelayannya untuk dikirim balik, jangan sudah dimakan 50 persen atau 80 persen baru komplain, kita mau lihat salahnya dimana?" kata Juna saat diwawancarai Kompas Lifestyle.

Hal yang umumnya terjadi pada tamu restoran di Indonesia baru melakukan komplain saat makanan tersebut akan habis. Sehingga sangat susah untuk chef mencari tahu apa yang seharusnya diperbaiki.

Menurut pengalaman Juna selama bekerja di banyak restoran di Amerika, komplain seharusnya dilakukan secara terstruktur dengan menjelaskan kekurangannya apa.

Selain itu, kesalahan lain yang masih banyak ditemui adalah ketika pelanggan mengajukan komplain atau kritik tentang makanan yang datang justru manager restoran, bukan chef yang memasaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com