Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Perkenalan yang Berkesan di Situs Kencan Online

Kompas.com - 30/06/2017, 20:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Mencari jodoh di aplikasi kencan kini menjadi cara yang efisien dan baik bagi para lajang. Namun, seperti halnya berkenalan di dunia nyata, mendekati calon pasangan di internet juga dibutuhkan keberanian dan kalimat pembuka yang berkesan.

Menurut sebuah survei yang dilakukan di situs elitesingles.com.au, sekitar 43 persen menjawab pesan pertama yang dikirimkan merupakan faktor penting sebelum menentukan apakah mereka setuju melangkah ke perkenalan lebih mendalam atau kencan.

Sebuah studi dari Plenty of Fish menemukan beberapa kata yang terbukti berhasil untuk pesan pertama kepada calon pasangan yang dikenal di dunia maya.

- Berikan pujian

Siapa pun senang dipuji. Jangan pelit melontarkan pujian, seperti “cantik”, “ramah”, “senyum manis”, atau “menarik" yang diungkapkan secara tulus akan membuat perbedaan.

- Jangan mencontek

Penerima pesan Anda bisa menilai apakah kata-kata yang Anda ucapkan adalah tulus atau mencontek dari template di internet. Karena itu buatlah kalimat yang merupakan buah pikiran Anda sendiri. Yang terpenting adalah membuat penerima pesan Anda merasa istimewa.

- Jangan membanggakan diri

Sebelum bertemu langsung, sebaiknya jangan terlalu menyombongkan kelebihan diri Anda. Memang Anda perlu menunjukkan sisi positif yang dimiliki, tetapi buat batasan. Isi pesan perkenalan Anda sebaiknya ringkas, personal, dan tidak terlalu agresif.

- Jangan terlalu berterus terang

Untuk mencegah kesan yang negatif, sebaiknya jangan berlebihan memuji fisik seseorang saat baru berkenalan di dunia maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com