Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Perut Lebih Rata dalam 1 Bulan? Lakukan Ini

Kompas.com - 05/07/2017, 12:23 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Perut buncit memang agak terlihat kurang sedap dipandang dan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Selain tidak nyaman dan membuat kita kesulitan mencari celana yang pas, perut buncit membuat seseorang lebih berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan perut buncit tersebut hanya dalam waktu satu bulan atau kurang. Terdengar agak berlebihan memang, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah berbaring diatas papan atau lantai. Sepertinya mudah bukan? Tetapi jangan salah, bukan berarti Anda berbaring saja. Anda harus menopang berat badan Anda dengan lengan dan kaki Anda. Dan inilah yang disebut latihan plank.

Goodshoot Berlatih dengan fitness ball
Seperti dilansir dari laman Women Daily Tips, cara itu harus Anda lakukan selama satu bulan dengan durasi waktu seperti berikut ini.

leremy Berbagai macam posisi plank
Hari 1 - 20 detik
Hari 2 - 20 detik
Hari 3 - 30 detik
Hari 4 - 30 detik
Hari 5 - 40 detik
Hari 6 - Istirahat
Hari 7 - 45 detik
Hari 8 - 45 detik
Hari 9 - 60 detik
Hari 10 - 60 detik
Hari 11 - 60 detik
Hari 12 - 90 detik
Hari 13 - Istirahat
Hari 14 - 90 detik
Hari 15 - 90 detik
Hari 16 - 120 detik
Hari 17 - 120 detik
Hari 18 - 150 detik
Hari 19 - Istirahat
Hari 20 - 150 detik
Hari 21 - 150 detik
Hari 22 - 180 detik
Hari 23 - 180 detik
Hari 24 - 210 detik
Hari 25 - Istirahat
Hari 26 - 210 detik
Hari 27 - 240 detik
Hari 28 - Lakukan selama yang Anda bisa

Baca: Bagaimana Membentuk Perut Six Pack?

Saat melakukan latihan ini, penting untuk memilih posisi yang tepat. Tulang belakang harus tetap pada posisi lurus. Hindari tekanan berlebihan pada leher dan punggung. Jaga kaki sedikit terpisah atau agak direnggangkan. Ketika Anda mengangkat tubuh Anda dan menopangnya dengan lengan dan kaki, maka Anda akan merasakan otot paha dan perut Anda bereaksi. Jangan khawatir, itu justru bagus.

g-stockstudio Plank dengan tangan lurus
Pastikan tangan Anda diposisikan dengan benar. Anda bisa meluruskan tangan atau melipatnya dengan siku sebagai tumpuan. Siku langsung di bawah bahu, lalu sesuaikan jarak antar kaki seperlunya. Atur pernapasan Anda agar tidak terlalu cepat dan buat tubuh Anda rileks.

Selain gerakan plank, sit-up juga menjadi andalan banyak orang yang ingin memiliki perut rata. Namun, hal itu tak sepenuhnya benar karena gerakan sit-up atau pun crunches hanya efektif membentuk otot perut, tapi bukan membakar lemak.

g-stockstudio Posisi side plank untuk menguatkan otot perut
Lemak perut sebenarnya bersembunyi jauh di bagian bawah perut, bahkan terkadang menyelimuti organ-organ bagian dalam seperti liver atau usus. Lemak itu disebut juga dengan lemak visceral. Untuk membakar lemak di bagian ini diperlukan lebih dari sekedar latihan kekuatan otot perut.

Baca: Mengapa Sit-Up Tak Efektif Bikin Perut Rata

Latihan yang menggunakan lebih banyak otot seperti squat, akan membakar lebih banyak kalori dibanding latihan yang menggunakan sedikit otot seperti crunches. Selain itu latihan-latihan dengan beban lepas, akan memaksa tubuh untuk menyeimbangkan diri sehingga lebih banyak otot utama terlibat.

Tanpa Anda sadari, latihan seperti itu juga akan melibatkan otot perut dan sekitarnya sehingga hasilnya lebih baik dibanding Anda hanya melatih otot-otot tertentu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com