Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2017, 17:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Makin bertambah usia, seharusnya seseorang juga semakin bijak. Namun, rupanya semakin tua seseorang, mereka juga cenderung kurang tahan menghadapi godaan  selingkuh.

Demikian menurut hasil sebuah penelitian di Amerika Serikat. Terungkap bahwa orang paruh baya yang selingkuh dari pasangannya lebih banyak dibanding pasangan yang lebih muda.

Studi yang digagas oleh Institute for Family Studies pada tahun 2016 itu memaparkan 20 persen responden yang berusia di atas 55 tahun mengatakan bahwa pernikahan mereka diwarnai perselingkuhan. Sementara pada kelompok usia di bawah 55 tahun hanya sekitar 14 persen.

Hasil tersebut menunjukkan perbedaan tajam dengan periode tahun 1990-an, dengan jumlah orang yang tidak setia pada pasangannya didominasi mereka yang berusia muda. Sejak tahun 2004 kondisi itu berubah, orang yang lebih tua mulai menggeser pasangan muda dalam hal rapuhnya komitmen mereka pada pasangan.

Nicholas H. Wolfinger, profesor di Universitas Utah yang melaporkan hasil studi ini mengatakan perubahan tersebut mungkin ada kaitannya dengan fakta bahwa orang yang berusia 50 dan 60 tahun sudah masuk dalam masa kebangkitan revolusi seksual mereka dan memiliki lebih banyak pasangan bercinta dibanding generasi lain.

Dia juga mencatat bahwa seks di kalangan remaja terus menurun di tahun 1990. "Produk dari revolusi seksual cenderung melakukan seks di luar pernikahan,” tulisnya.

Survei tersebut juga menemukan bahwa orang Amerika lebih menolerir sikap mereka terhadap hubungan di luar penikahan, dengan jumlah yang menyatakan hal itu salah semakin sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com