Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2017, 19:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Bukan hanya gaya berbusana yang rapi, warna pakaian yang dikenakan saat menjadi tamu di pesta pernikahan juga ada etikanya. Salah satunya tidak memakai pakaian berwarna putih.

Ibunda pesepak bola Lionel Messi, Celia Cuccittini, mendapat kritik karena ia memilih gaun berwarna perak dan nyaris putih yang warnanya senada dengan mempelai pengantin wanita.

Cuccittini dianggap melanggar aturan emas tentang tamu dalam pesta pernikahan seharusnya tidak memakai busana putih. Bukan hanya itu, ia juga memakai gaun panjang berbahan lace dengan potongan mirip gaun sang pengantin.

Sikapnya itu dianggap memperkuat rumor lama bahwa ia dan istri Messi, Antonella Roccuzzo tidak akur. Rumor ini ditepis oleh keluarga besarnya.

Menurut beberapa pakar, sebagai tamu seharusnya kita menghindari warna hitam, putih, dan krem. Warna yang terlalu mencolok dengan motif yang ramai juga sebaiknya dihindari karena bisa mendominasi saat difoto.

Mempelai pengatin seharusnya menjadi bintang dalam pestanya itu. Karenanya, jika kita memakai pakaian putih atau senada dengan warna busana pengantin bisa membuat penampilan pengantin kurang menonjol.

Memang saat ini tidak semua pengantin memilih warna putih. Banyak juga pengantin yang memakai gaun atau kebaya dengan warna favorit mereka, termasuk warna hitam atau pink, tetapi kita tak pernah tahu pakaian apa yang akan dipakai mempelai.

Jadi, untuk amannya hindari warna putih. Biarlah mempelai pengantin benar-benar merasa menjadi "raja dan ratu" di hari bahagianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com