Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2017, 10:20 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pakaian yang menumpuk di lemari merupakan salah satu dilema yang sering kita hadapi, antara membuang yang sudah tidak lagi kita pakai atau tetap menyimpannya karena ada "sejarahnya".

Memiliki rumah yang tak terlalu besar berarti kita harus cermat menata barang, terutama dalam hal penyimpanan pakaian di lemari. Barang-barang "bersejarah" itu pada akhirnya memenuhi setiap sudut lemari.

Metode KonMari mengajarkan kita untuk membuang barang-barang yang "tidak mendatangkan kebahagiaan". Kita bisa mendonasikan pakaian tersebut kepada orang yang membutuhkan.

Salah satu kiat menjaga pakaian tak sampai menumpuk tinggi di lemari adalah menyortir pakaian secara berkala. Sediakan satu tas atau kotak khusus barang-barang donasi di dekat lemari Anda.

Anda bisa meletakkan pakaian yang sudah sempit, sudah lama tidak dipakai, atau gayanya sudah ketinggalan zaman, di tas tersebut, setiap saat tanpa perlu menunggu waktu menyortir khusus.

Tas donasi itu boleh Anda berikan pada yang membutuhkan setiap bulan atau dua bulan sekali. Durasi tersebut juga cukup jika Anda ternyata berubah pikiran. Misalnya ada satu kaus kesayangan yang terus-menerus Anda pikirkan dan ingin disimpan sedikit lebih lama.

Lemari pakaian yang rapi dan bersih dari barang-barang tak terpakai bisa membuat Anda merasa lebih plong dan nyaman dengan kondisi rumah secara keseluruhan. (Pop Sugar)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com