Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menggulung Lancip Celana Jeans

Mengenakan jeans yang digulung kecil bagian ujung bawahnya memang sedang menjadi tren. Namun walau terdengar sepele, ini ada aturannya, jangan sampai membuat gaya malah jadi kurang menarik dan aneh.

Pinrolling atau menggulung lancip --yang juga dikenal sebagai french rolling, pegging dan raga rolling-- bukan hanya perkara menggulung jeans. Bila menggulung biasa atau cuffing hanya bertujuan memperpendek celana yang kepanjangan, pinrolling sekaligus membuat ujungnya meruncing. Sedikit lebih rumit, tapi Anda pasti bisa melakukannya dalam sekejap.

Baca: Ini Cara Merawat Jeans Kesayangan

Dari mana sih sebenarnya ide pinrolling? Melihat banyaknya para penggemar sneakers yang melakukannya agar sneakersnya lebih tampak, kita mungkin mengiranya sebagai gaya yang relatif baru.

Padahal sesungguhnya, seperti banyak tren dalam berpakaian, gaya semacam juga pernah diadopsi oleh ayah, bahkan kakek Anda. Tren itu populer di tahun 1950-an di antara para kelas pekerja. Sejak saat itu gaya yang sama timbul tenggelam dipakai pada 1970 di era John Travolta hingga 1980an era Tom Cruise. Cobalah googling "New Kids On The Block" dan Anda akan menemukan gaya yang sama sudah mereka pakai saat itu.

Saat ini bisa dibilang tren tersebut muncul lagi dengan paduan gaya antara streetwear dan smart-casual. Bila Anda ingin mengikutir gaya itu, berikut panduan agar Anda melakukannya dengan benar sesuai tren saat ini.

Kenapa harus menggulung jeans?

Jika Anda berbadan tinggi, menggulung jeans akan memberi tampilan jeda pada kaki panjang Anda, sementara jika Anda pendek, menggulung akan membuat jeans Anda tidak terlihat kebesaran.

Selain itu, pinrolling akan membuat betis Anda terkesan sedikit lebih besar, sehingga bila paha Anda juga besar, tampilan itu akan menjadi penyeimbang. 

Efek meruncing juga akan membuat Anda terlihat bergaya dan rapi, sekaligus cara pamer alas kaki Anda. Dengan cara itu, pandangan orang akan lebih tertuju pada sneakers atau sepatu Anda.

Bagaimana menggulung dengan tepat?

Untuk memulai, pastikan celana atau celana jeans yang ingin Anda gulung bermodel slim, straight, tapi jangan terlalu skinny.

1. Pertama, ambil bagian dalam bawah jeans Anda, dan tarik kencang di sekitar pergelangan kaki. Lipat ke belakang sehingga jahitan bagian dalam berada di belakang lipatan, menghadap ke luar.

2. Buat lipatan seketat mungkin lalu lipat ke atas, pastikan Anda menyimpan lipatan awal secara utuh.

3. Sekarang lipat lipatan menyesuaikan kaki Anda, dan perlu diingat untuk menjaga semuanya terlihat rapi dan menghindarinya terlalu besar. Lipatan itu sendiri harus setinggi satu sampai dua inci.

4. Sekarang ulangi. Dua lipatan sudah cukup, tergantung panjang jeans Anda.

5. Luruskan setiap lekukan, kemudian lakukan pada jeans di kaki sebelahnya.

Anda bisa juga menggulung lebih tinggi, menyesuaikan panjang celana. Namun semakin banyak digulung, lipatannya akan makin tebal sehingga tidak terlalu bagus dipandang.

Untuk menjaga agar tetap simetris--pastikan Anda melipat dari kanan saat Anda menggulung kaki kiri, dan dari kiri di kaki kanan.

Baca: Aturan Mengenakan Jeans Putih

Gaya yang sesuai dengan pinroll

Jeans atau denim paling tepat digulung bahan itu cukup kaku dan berat di bawah. Selain itu, chinos juga bisa digulung dengan rapi. Tapi bahan yang lebih ringan akan mudah lepas saat digulung sehingga cukup sulit membuat lipatan yang ketat.

Celana yang digulung sempit cocok dipadankan dengan pakaian santai. Jumper, kemeja atau kaos biasanya pilihan yang serasi.

Sedangkan sepatu yang pas untuk gaya ini bisa beragam. Sepatu olahraga atau sneakers bisa menjadi pilihan menarik. Selain itu, sepatu jenis lain seperti boat shoes, loafers, smarter boots dan jenis brogues bisa mendukung celana jeans atau chino.

Untuk tampil maksimal dengan gaya ini, Anda sebaiknya tidak menggunakan kaus kaki yang menutupi pergelangan kaki atau pilihlah kaus kaki yang tersembunyi supaya Anda tidak terlihat seperti penari breakdance tahun 80-an.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/19/184502220/begini-cara-menggulung-lancip-celana-jeans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke