Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pujian ‘Masa Kini’ yang Ingin Didengar Wanita

Para pria mungkin menanggap itu sebagai sanjungan, tapi pujian fisik yang berlebihan justru membuat wanita risih.

"Banyak pria yang mengira bahwa pujian yang berkaitan dengan penampilan adalah yang paling ingin didengar wanita," kata psikolog Michele Barton, Ph.D. "Tapi jika Anda hanya berbicara tentang penampilannya, pujian Anda menjadi terdengar biasa dan tidak tulus."

Jadi, alih-alih memusatkan perhatian pada tubuhnya, senyumnya, atau matanya, yang mungkin ia dapatkan dari keberuntungan genetis, arahkan pujian pada pilihan hidupnya, kemampuannya, keterampilannya, atau apapun yang berasal dari usahanya.

“Ini bukan berarti wanita tidak pernah mau mendengar pujian Anda menganggap dirinya cantik, tetapi masih ada pujian lain yang terdengar lebih tulus.

“Pekerjaan kamu hebat”

Jangan takut untuk mengatakan bahwa dia mengesankan Anda, misalnya saat ia sukses presentasi atau sekadar menepati deadline pekerjaan. Bagi wanita, tidak ada yang lebih seksi dari pria yang tidak terintimidasi atau terancam oleh puncak karier profesionalnya.

Namun, satu hal yang perlu diingat: Pastikan dia tahu kalau Anda terkesan karena dia hebat, bukan karena dia wanita. Jadi, Anda tidak perlu membandingkannya dengan rekan kerja pria di industrinya.

“Hobi kamu menarik!”

Bahkan lebih baik lagi jika Anda masuk ke dalam ‘aksinya’. Ya, bila ingin lebih memikat hatinya, Barton menyarankan Anda untuk sesekali terlibat, walau hanya sekali, dan nikmati momen itu dengannya.

“Saya suka dengan ide/pendapat kamu”

Banyak pria yang mungkin tidak tahu ini, tapi wanita sering merasa tidak percaya diri untuk berbicara dalam lingkungan sosial atau pekerjaan. Dengan kata lain, membiarkan wanita tahu bahwa Anda menghargai pendapat dan pemikirannya adalah pujian yang jauh lebih besar daripada yang pernah pria pikirkan.

“Wah, keren!”

Misalnya saja saat ia berhasil membalikkan telur dadar seperti juara MasterChef atau parkir mundur dengan gesit. Ucapkan selamat padanya atas prestasi mini dan dia akan merasa tercengang, kagum, dan berharga.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/20/194831520/pujian-masa-kini-yang-ingin-didengar-wanita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke