Salin Artikel

5 Cara Bekerja Lebih Cerdas

Anda bisa mencoba tips ini agar bisa bijak menghabiskan waktu di kantor dan membuat performa Anda menanjak.

1. Gunakan waktu setelah bekerja untuk menjalin koneksi

Mendengar tips ini, Anda mungkin berpikir: "Tadi diminta untuk tidak bekerja secara berlebihan, mengapa usai jam kantor masih harus bekerja?."

Jangan khawatir. Ini tidak berarti Anda harus bekerja lebih lama. Faktanya, menjalin koneksi bisa dilakukan di mana saja, bahkan tempat santai seperti kafe atau bar.

"Misalnya, jika ada situasi yang memanas di kantor karena persaingan atau pun target yang menekan, Anda bisa merencanakan acara bowling dengan rekan kerja," kata Masini.

Dengan begitu, Anda bisa membuat orang lain melihat diri Anda memimpin suatu "proyek" di luar pekerjaan, dan itu akan mempengaruhi pandangan orang saat kembali masuk ke ruang kerja.

2. Menunda makan siang

Pernahkah Anda merasa begitu lemas atau mengantuk setelah makan siang. Hal itu biasa terjadi sekitar pukul 2 atau 3 sore di mana rasanya kita ingin merebahkan diri di sofa dan memejamkan mata.

Nah, rasa itu bisa dihindari dengan memundurkan waktu makan siang, sekaligus memilih makanan dengan kalori dan gula lebih sedikit, sehingga tidak membuat Anda mengantuk.  Selain itu menunda makan siang akan membuat Anda makan lebih cepat karena tidak ada teman lain yang makan, dan bonus mengunyah lebih sedikit gula dan kalori adalah tubuh yang lebih sehat.

Namun bila Anda menggunakan makan siang sebagai cara menjalin relasi, maka tidak ada salahnya makan siang bersama rekan atau klien yang berpengaruh menjadikan pekerjaan dan karir Anda lebih baik.

Baca: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan?

3. Beradaptasi dengan teknologi

Kita biasanya terjebak mengerjakan pekerjaan yang sama secara berulang. Jika itu terjadi, Anda tidak akan bisa kemana-mana. Karenanya carilah teknologi yang membantu pekerjaan Anda. saat ini banyak program yang membantu kita menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien.

Sebagai orang yang bekerja cerdas, kita harus menggunakan alat, teknologi, program atau aplikasi terbaik yang membuat kerja lebih mudah, cepat, dan hasilnya lebih bagus.

4. Saat ada waktu luang, belajarlah

Kita bisa menggunakan waktu luang kita untuk belajar atau terlibat dalam proyek-proyek lain. Bila memungkinkan, terlibatlah bersama orang-orang yang memiliki jabatan lebih tinggi agar Anda makin diperhitungkan.

"Semakin banyak Anda tahu tentang apa yang terjadi di perusahaan, semakin banyak arah yang akan Anda miliki dan semakin baik Anda dalam pekerjaan Anda," kata Karen Miller, Vice President of the People Team at Seamless.

Bagian ini mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra. Namun terlibat dalam proyek kelompok, apalagi bila di sana ada juga para bos, akan mendongkrak kemungkinan Anda lebih diperhitungkan untuk menapaki karir yang lebih tinggi.

5. Keluar dari zona nyaman

Kadang-kadang perlu bagi kita untuk memberi tantangan pada diri sendiri agar kita bisa menemukan cara bekerja yang lebih baik. Tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru atau berkenalan dengan orang-orang baru yang mungkin bisa memberi ide atau pelajaran.

"Ini adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan rasa hormat dan mendidik diri sendiri tentang apa yang Anda anggap benar dan tidak, tentang orang," kata Masini. Apa yang Anda bangun dan pelajari bisa sangat berguna dalam perjalanan karir Anda.

Baca: 7 Kalimat yang Tabu untuk Diucapkan di Kantor

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/21/152805320/5-cara-bekerja-lebih-cerdas

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.