Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Krimer Pengganti Santan dan Susu dalam Makanan

Sebagai alternatif, kini tersedia FiberCreme, krimer yang komponen utamanya berupa serat pangan dan lemak nabati. Krimer ini juga diklaim mengandung serat yang tinggi sehingga membantu menyehatkan pencernaan.

"Kita semua tahu bahwa di Indonesia semua makanan harus enak. Kita mau bantu orang Indonesia agar bisa tetap makan enak, juga sehat," kata Direktur PT Lautan Natural Krimerindo Hendrik Gunawan yang memproduksi FiberCreme dalam acara peluncuran di Jakarta (8/8/2017).

Hendrik menjelaskan, produk ini memiliki kelebihan berupa serat pangan oligosakarinda yang rendah kalori.

Menurut penjelasan dr.Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, konsumsi makanan yang mengandung serat memang dianjurkan untuk mengontrol keinginan makan berlebih dan juga kesehatan pencernaan.

"Produk ini kalau dilihat dari kandungan seratnya lebih baik dibandingkan santan murni dan yang banyak mengandung lemak atau gula," ujarnya dalam acara yang sama.

Dari segi rasa, dalam beberapa masakan yang didemokan oleh Chef Yuda Bustara menggunakan FiberCreme rasa creamy lebih menonjol. Misalnya saja sayur daun singkong yang terasa lebih gurih dibanding menggunakan santan kelapa. Demikian juga dengan mi kari dan chocolate powder, rasa manis dan creamnya menguatkan rasa masakan itu sendiri.

Dijelaskan oleh Chef Yuda, pemakaian FiberCreme cukup hemat karena hanya diperlukan sekitar satu sendok makan untuk membuat satu mangkuk mi kari . "Tidak boros seperti santan. Produk ini juga cocok untuk yang tidak memiliki kulkas untuk menyimpan santan," katanya.

Sementara itu, untuk membuat sayur daun singkong untuk ukuran piring besar diperlukan 7 sendok makan krimer dan perlu 12 sendok makan untuk memasak opor ayam.

Menurut Hendrik, FiberCreme sudah tersedia di sebagian besar toko ritel modern. FiberCreme tersedia dalam kemasan sachet, botolan, dan karton.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/08/164826020/krimer-pengganti-santan-dan-susu-dalam-makanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke