Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Pelit Pujian pada Rekan Kerja

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Harvard Business Review disebutkan bahwa melakukan hal-hal sopan dan baik pada rekan kerja berdampak besar pada pekerjaan dan perasaan mereka.

Kita bisa melakukannya dengan mudah, misalnya memuji hasil pekerjaan mereka untuk menunjukkan bahwa mereka berharga. Pujian adalah hal yang gratis namun dampaknya besar.

Lagi pula, bekerja adalah proses bersikap akur dan mampu bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Menyampaikan beberapa kata pujian yang tulus mungkin terkesan remeh tetapi berdampak besar. Dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh tim dan tentunya pekerjaan pun menjadi lebih ringan. Kita pun akan merasa lebih nyaman bekerja.

Meski begitu, ketahui dulu perbedaan antara "apresiasi" dan "pujian". Anda bisa mengapresiasi seseorang dengan mengucapkan "terima kasih", "kerja yang bagus", atau bahkan "kamu yang terbaik".

Namun, pujian butuh selangkah lebih dalam untuk menjelaskan nilai yang diraih seseorang sehingga membuat Anda menghargai mereka. Pujian adalah bentuk terima kasih yang terstruktur. Pujian juga tidak seharusnya diberikan pada seseorang yang melakukan apa yang menjadi target tugasnya.

Beberapa contoh pujian yang bisa Anda berikan misalnya ketika seseorang mengambil alih tugas yang membuat Anda sakit kepala, ungkapkan bahwa tindakannya itu membuat perbedaan besar dalam keseharian Anda.

Saat ada rekan kerja yang membuat bangga atau terinspirasi dengan pekerjaan Anda, sampaikan bahwa hal itu membuat Anda merasa lebih baik dan puas dengan yang dikerjakan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/09/080000120/jangan-pelit-pujian-pada-rekan-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke