Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Pria dan Wanita Memiliki Kecenderungan Selingkuh Tinggi?

Setelah melakukan survei terhadap 423 orang, para peneliti menemukan bahwa wanita yang usia pernikahannya enam sampai 10 tahun lebih besar kemungkinan untuk terlibat dalam perselingkuhan di luar nikah. Kondisi tersebut berbeda pada pria yang cenderung makin "nakal" setelah usia pernikahan makin lama.

Berdasarkan penelitian yang  dimuat di Journal Sex Research itu, pria yang menikah 11 tahun atau lebih memiliki keinginan lebih besar untuk bertualang mencari pasangan lain.

Mengapa wanita lebih rentan melakukan perselingkuhan di usia pernikahan antara 6 sampai 10 tahun?

Alasannya, pada usia pernikahan yang masih muda, anak-anak masih terlalu kecil sehingga sebagian besar waktu dan perhatian tercurah pada anak dan keluarga.

Ketika anak sudah lebih besar, secara evolusi manusia memiliki kecenderungan untuk mencari pasangan. Itu sebabnya, usia pernikahan di atas 6 tahun menjadi masa yang lebih kritis bagi wanita.

Sementara ketika usia pernikahan semakin lama, selain faktor menopause, pada tahapan itu para wanita kebanyakan ingin fokus memperbaiki kualitas hidupnya.

Michael Steger, Ph.D. seorang periset dan pakar kehidupan berkualitas mengatakan, salah satu alasan wanita enggan berselingkuh ketika usia pernikahannya sudah lama, karena selain umurnya yang bertambah tua, dia juga sudah mulai merenungkan hal-hal yang telah atau belum pernah dia capai dalam dekade terakhir ini.

Sedangkan kecenderungan selingkuh pada pria seiring dengan pertambahan usia pernikahan terkait dengan kebosanan, kondisi fisik pasangan yang dianggap tidak lagi menarik, dan kepemilikan uang yang lebih banyak.

Bagi para pria, agar pasangan Anda tidak tergoda untuk berselingkuh, jadilah orang yang selalu menjadi bagian dari hidupnya. Jadilah teman setia yang selalu siap mendengarkan ceritanya. Hal-hal seperti itu akan menunjukkan bahwa hal-hal terbaik dengan Anda akan terus selalu ada.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/09/191500720/kapan-pria-dan-wanita-memiliki-kecenderungan-selingkuh-tinggi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke