Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dihina Rekan Kerja, Bagaimana Harus Merespon?

Hinaan tersebut dilontarkan saat Cowell mengkritik pesulap Indonesia, Demian Aditya. Dia mengatakan, “Saya jadi membayangkan (penampilan Demian) seperti malam pengantin Mel B. Ditunggu, tetapi ternyata tidak sesuai harapan," kata Cowell.

Mendengar Cowell, Mel B langsung meraih gelas dan menyiramkan isinya ke wajah Cowell—dan langsung meninggalkan tempat syuting.

Menurut US Weekly, Mel B kemudian mengatakan komentar Cowell sangat kasar dan tidak pantas. Memang sebagian besar orang belum pernah mengalami disiram air di tempat kerja karena komentar yang tidak pantas. Namun, tak sedikit dari kita pernah mengalami interaksi yang tidak nyaman dengan rekan kerja karena kasus serupa, dihina kehidupan pribadinya.

“Sangat sensitif untuk membicarakan keluarga atau anak seseorang,” kata Jacqueline Whitmore, pendiri Sekolah Protokol Palm Beach.

Menurutnya, komentar Cowell tersebut di luar batas dan memperingatkan bahwa sebaiknya ktia menghindari bercanda tentang pernikahan, seksualitas, fisik atau rasial. “Bagi saya, itu terlarang, dan ... mungkin akan ada yang akan melempar air ke wajah seseorang.”

Tapi jika seseorang menghina, apa yang sebenarnya Anda harus lakukan? “Tidak ada yang salah dengan mengatakan, ‘Itu sangat menyakitkan, dan saya tidak menghargai komentar itu’,” saran Whitmore.

"Terkadang kita menjalani hidup dan mengatakan sesuatu tanpa berpikir, tapi Anda masih bisa meminta orang lain untuk mengubah perilaku mereka."

Dia menambahkan bahwa memberi seseorang tatapan tajam terkadang cukup untuk menempatkan mereka di tempat mereka—terdiam. “Seringkali keheningan lebih mematikan [daripada tanggapan verbal].”

Keunikan dari yang dilakukan Mel B kepada Cowell karena hal itu terjadi di depan jutaan orang penonton.

"Mel B keluar," kata pembawa acara Tyra Banks saat terjadi konfrontasi yang kurang nyaman.

"Ini adalah siaran langsung TV. Anda seharusnya tidak pernah terlibat konflik di depan audiens. Anda tidak ingin membuatnya terlihat seperti drama,” kata penulis dan pengajar etiket Karen Thomas.

Daripada menganggap bahwa ucapan mereka baik-baik saja, sebaiknya lakukan pendekatan pribadi. "Di siaran langsung televisi mungkin bukan saatnya Mel B untuk duduk dan berbicara serius dengan Simon, tapi di kantor, begitu situasi telah menyebar dan orang-orang tenang, tidak apa-apa untuk kembali dan berbicara dengan mereka,” jelas dia.

Thomas menambahkan bahwa Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, “Hal-hal yang Anda katakan benar-benar membuat saya kesal, dan saya merasa hal tersebut tidak pantas,” yang dapat menarik empati seseorang serta menghindari konflik lebih dalam.

Jika mereka tetap berperilaku sama atau tetap tidak mau mendengar Anda, itulah saatnya untuk pergi ke manajer Anda.

“Selalu ikuti rantai komando dalam bisnis,” saran Thomas. “Jika manajer Anda tidak dapat memperbaiki semuanya, langkah selanjutnya adalah datang ke HRD.”

Whitmore dan Thomas setuju bahwa humor adalah alat efektif untuk memecahkan hubungan yang dingin dan penuh ketegangan.

"Mungkin itu yang terjadi pada malam pernikahan Anda, tapi bukan masalah saya," saran Thomas untuk mengubah kata-kata Cowell yang asli menjadi jawaban cerdas. Artinya, Anda tidak harus masuk ke dalam situasi yang membuat orang merasa salah.

"Jika seseorang mengatakan komentar [Cowell] kepada saya," Whitmore menambahkan, "Saya hanya akan melihat mereka dan berkata, sungguh?"

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/26/160000620/dihina-rekan-kerja-bagaimana-harus-merespon-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke