Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tea Tree Oil dan Lempung Ghassoul untuk Perawatan Wajah

Tea trea oil dikenal juga dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. Tetapi pohon teh yang dimaksud ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh. Minyak pohon teh ini, sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia, yang sejak 100 tahun terakhir digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna, serta punya khasiat banyak buat tubuh manusia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil punya kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat. Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan.

Tea tree oil juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh punya kemampuan untuk membersihkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, menghilangkan ketombe, dan bahkan untuk merawat rambut agar terhindar dari kutu.

Anda juga bisa memanfaatkan tea tree oil untuk mengatasi masalah aroma tubuh. Kandungan antimikroba tea tree oil, dapat menghancurkan bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan.

Nah, karena banyaknya kegunaan itu, produsen perawatan tubuh The Body Shop menggunakannya untuk foundation yang sekaligus berfungsi mengurangi jerawat, dalam produk Matte Clay Foundation.

Biasanya, mereka yang berjerawat cenderung menutupi mukanya dengan foundation tebal yang malah bisa menyumbat pori-pori dan membuat jerawat makin parah. Namun penggunaan tea tree oil bisa menghindari penyumbatan itu dan membiarkan pori-pori tetap bernafas.

Sedangkan tea tree oil yang digunakan dipanen dari kaki gunung Mount Kenya National Park dan dipetik dengan tangan oleh para petani lokal.

Tea tree oil digunakan sebagai zat antibakteri karena kemampuannya merusak lapisan perlindungan bakteri,” ujar Dr Christine Choi Kim, ahli kulit di The Body Shop.

Adapun Matte Clay Foundation tersedia dalam enam pilihan warna yang sesuai dengan kulit orang Indonesia dan dipasarkan seharga Rp 169.000 untuk kemasan 30 ml.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/11/121020020/tea-tree-oil-dan-lempung-ghassoul-untuk-perawatan-wajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke