Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Lensa Kacamata Apa yang Cocok Untuk Kegiatan Anda?

Namun, sebenarnya buat apa ada warna lensa kacamata yang berbeda-beda? Sekadar untuk gaya atau ada fungsinya bagi kesehatan? Warna lensa kacamata apa yang paling baik buat mata?

Seperti kita tahu, melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) sangatlah penting. Radiasi UV dari sinar matahari tidak hanya bisa merusak kulit tapi juga kornea, lensa dan bagian mata lainnya. Paparan sinar UV juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami katarak dan menurunnya fungsi makula mata, yaitu area bintik mata yang paling sensitif terhadap rangsangan sinar.

Sinar UV juga bisa memicu selaput di mata yang disebut pterygium. Selaput ini akan tumbuh dari bagian putih mata ke bagian tengah bola mata (kornea) sehingga dapat menutupi pandangan.

Kerusakan kelopak mata akibat terpapar sinar ultraviolet sama seperti kerusakan kulit lainnya di dalam tubuh manusia. Jika terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak diantisipasi, hal tersebut memungkinkan tumbuhnya kanker.

Paparan sinar UV B intensitas tinggi dalam waktu singkat yang menerpa kornea mata berisiko menyebabkan photokeratitis. Kondisi ini dapat terjadi bila terlalu lama berjemur di pantai atau melakukan ski tanpa perlindungan mata yang baik.

Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan memilih kacamata hitam bila ingin melindungi mata. Penting untuk membeli kacamata hitam dengan kualitas yang baik. Salah satu hal yang menentukan kualitasnya adalah warna lensa kacamata.

Abu-abu (grey)

Warna ini mungkin paling populer dipakai pada sunglasses dibandingkan warna lainnya. Warna abu-abu memungkinkan mata Anda melihat warna dalam bentuk aslinya. Selain itu, warna ini dapat mengurangi kecerahan dan silau. Tak heran bila lensa kacamata pilot kebanyakan berwarna abu-abu. Pilih warna lensa abu-abu untuk mengemudi dan olahraga di luar ruangan seperti golf, lari, atau bersepeda.

Kuning atau oranye

Warna kuning atau oranye akan meningkatkan kontras dalam kondisi berkabut atau cahaya rendah. Pewarnaan ini cenderung membuat benda tampak lebih tajam, baik di dalam maupun di luar ruangan. Namun, warna ini bisa mengaburkan warna aslinya.

Karena itu, Anda tidak disarankan untuk menggunakan kacamata dengan warna lensa ini ketika mengemudi. Pasalnya, mata Anda harus awas melihat berbagai warna yang ada di rambu-rambu lalu lintas.

Hijau

Warna ini akan menyaring sinar biru dan mengurangi silau. Warna ini juga membuat kontras dan ketajaman pada penglihatan Anda lebih tinggi. Nuansa hijau juga cenderung mengurangi mata lelah dalam cahaya yang terang. Pilih warna ini untuk olahraga di luar ruangan seperti tenis dan golf atau saat Anda berlibur di pantai.

Cokelat tua

Warna ini akan mengurangi silau dan menghalangi cahaya biru. Kacamata dengan lensa cokelat tua juga akan mencerahkan penglihatan Anda saat cuaca berawan. Dengan menghalangi cahaya biru, warna ini meningkatkan kontras dan ketajaman penglihatan, terutama pada latar belakang hijau dan biru seperti rumput dan langit.

Pink atau merah

Warna ini meningkatkan kontras dengan cara menghalangi cahaya biru. Warna ini dapat menenangkan mata dan lebih nyaman dibandingkan warna yang lain jika dipakai dalam waktu yang lama. Mereka juga membantu pandangan saat mengemudi, dan tampaknya menjadi favorit di antara pengguna komputer karena mereka mengurangi silau dan kelelahan mata.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/21/150057620/warna-lensa-kacamata-apa-yang-cocok-untuk-kegiatan-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke