Salin Artikel

Kiat Bugar dan Sehat untuk "Si Gila Kerja"

Berikut adalah beberapa kiat untuk menjaga kesehatan, bahkan jika Anda termasuk orang yang gila kerja.

- Gunakan sepatu nyaman
Apakah Anda menghindari naik dua lantai dengan tangga atau pun jalan kaki menuju kantin di gedung sebelah hanya karena sepatu yang dipakai membuat sakit?

Jika iya, ganti sepatu Anda dengan yang lebih nyaman. Lagi pula, saat ini sneaker menjadi andalan baru untuk tampil lebih trendi ke kantor. Dengan demikian Anda pun terbebas dari rasa pegal dan nyeri kaki, serta bisa lebih semangat untuk bergerak aktif.

- Bawa bekal makanan
Membawa makan siang atau menu sarapan sendiri berarti Anda tidak harus terus-menerus mengandalkan menu di warung sekitar kantor yang kurang terjamin kebersihannya. Anda juga bisa berkreasi dengan menu-menu sehat dan biasanya lebih mudah cara pengolahannya. Ketimbang meminta "OB" membelikan gorengan untuk camilan sore, mengapa Anda tak mengisi wadah makanan dari rumah dengan buah-buahan atau kacang-kacangan.


- Pasang alarm
Pasanglah alarm setiap 30 menit atau satu jam untuk mengingatkan Anda untuk berdiri dan melakukan peregangan singkat dengan berjalan kaki di sekitar ruangan kantor. Mungkin dengan mengisi ulang gelas minuman, berjalan ke ujung ruangan, atau hanya peregangan singkat. Aktivitas fisik kecil tersebut membantu aliran darah kembali lancar dan otot bergerak. Otak pun akan kembali lebih awas.

- Jangan lewatkan sarapan
Pacu metabolisme Anda di pagi hari dengan menu sarapan sehat. Jika Anda tidak punya waktu atau energi untuk makan di rumah, bawalah bekal sehat seperti roti gandum utuh dengan telur orak-arik, atau sebuah apel dan yogurt tanpa rasa.

- Duduk tegak
Posisi duduk yang tegak selama bekerja di depan komputer akan membuat tulang belakang tetap pada posisinya. Hal ini juga mencegah saraf-saraf di tulang belakang tertekan, sehingga kita akan terhindar dari nyeri punggung.

- Cukup tidur
Cukup tidur adalah hal yang wajib dipenuhi agar produktivitas dan konsentrasi tetap terjaga sepanjang hari. Mulailah prioritaskan waktu tidur dan Anda akan lihat perbedaannya pada tingkat energi dan konsentrasi.

- Tersenyum
Pasanglah wajah yang gembira dengan mulai tersenyum. Sesederhana tersenyum ternyata bisa memberikan respon psikologi dan hormonal yang membuat kita lebih bahagia dan rileks.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/25/110000320/kiat-bugar-dan-sehat-untuk-si-gila-kerja-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.