Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengubah Pekerjaan yang Dibenci Menjadi Cinta

Peneliti dan profesor dari Universitas Yale, Amy Wrzesniewski mengatakan, sebenarnya kita bisa mengubah rasa benci pada pekerjaan menjadi cinta dengan melakukan perubahan kecil. Ia menyebutnya sebagai "job crafting" (mengukir pekerjaan).

"Salah satu hal menarik dari job crafting adalah bukan hanya mengubah pola pikir terhadap pekerjaan secara berbeda, tapi juga kebiasaanya," kata Amy.

Job crafting bisa dilakukan secara ekstrem dan langsung, misalnya saja kita menghadap manajer HRD dan mengungkapkan ingin minta dipindahkan ke divisi lain yang sesuai dengan passion kita.

Walau begitu, perubahan sederhana juga bisa berdampak sama besarnya. Misalnya saja, dua karyawan yang bekerja sebagai customer service. Satu karyawan menggambarkan pekerjaanya sebagai pelayan pelanggang yang cengeng dan suka mengeluh.

Karyawan lainnya menggambarkan pekerjaan yang sama itu sebagai pembuat orang tercerahkan, membuat orang menyadari bahwa sesuatu akan lebih baik.

"Dua orang itu punya pendekatan berbeda. Mereka pun akan menghadapi pelanggan secara berbeda dan memiliki pengalaman kerja yang sangat berbeda juga," katanya.

Amy menjelaskan bahwa apa yang kita pikirakan akan berpengaruh besar pada perilaku. "Tentu akan berbeda rasanya ketika Anda malas berangkat ke kantor karena tak mau menghadapi tumpukan tugas, atau merasa bersemangat karena punya kesempatan untuk berkontribusi di sebuah tempat," paparnya.

Job crafting memiliki tiga aspek; pertama adalah kita mengubah "angka, jenis, atau sifat pekerjaan". Ada juga cognitive crafting, di mana kita harus mengubah pandangan tentang tugas dan makna di balik setiap tugas itu.

Terakhir adalah relational crafting, yakni ketika kita mengubah gaya interaksi pada posisi pekerjaan sekarang.

Para atasan atau manajer juga bisa mendorong job crafting dalam tim mereka sehingga karyawan dapat menemukan makna baru pada pekerjaannya. "Dengan berpatokan pada review performa atasan bisa membuat perubahan," katanya.

Konselor karier, Dara Blaine, mengingatkan bahwa job crafting dapat sukses dilakukan jika setiap pihak menyadari apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

"Anda harus memahami dengan baik misi organisasi apakah selaras dengan misi personal Anda. Dengan begitu Anda bisa berkontribusi namun dengan cara yang bermakna bagi Anda," kata Dara.


https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/25/124500420/mengubah-pekerjaan-yang-dibenci-menjadi-cinta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke