Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Astronot Menjaga Kebugaran di Luar Angkasa?

Bila dihitung dari ekspedisi ruang angkasa pertamanya pada tahun 2002, perempuan berusia 57 tahun itu menghabiskan 665 hari di luar angkasa, sebuah catatan waktu terlama di luar angkasa--dan entah bagaimana, selama masa ini, dia tetap benar-benar fit. Pertanyaannya adalah, bagaimana astronot berolahraga di luar angkasa?

Olahraga mungkin bukan sesuatu yang menurut Anda penting dilakukan oleh astronot, apalagi dengan eksplorasi dan penelitian yang harus dilakukan setiap hari. Tapi bekerja di luar angkasa sama pentingnya seperti di Bumi, bahkan bisa lebih dari itu.

Menurut Digital Trends, rata-rata orang yang berada di luar angkasa kehilangan sekitar 11 sampai 17 persen dari kekuatan, 10 persen daya tahan, dan hingga tujuh persen kepadatan tulang mereka. Untuk mencoba dan mengimbangi efek ini, NASA meminta astronotnya untuk tetap berolahraga selama dua setengah jam dalam sehari.

Misalnya ARED, jika Anda mencoba mengangkat dumbel biasa di luar angkasa, maka tidak akan terasa berat sama sekali, sehingga olahraga pun tidak akan ada gunanya. Oleh karena itu, mesin ini menggunakan flywheels dan vacuum cylinders untuk menciptakan ketahanan. Astronot bisa melakukan latihan seperti squat, bench press, dan deadlifts. Saat mereka menggunakan treadmill, mereka harus diikat agar tidak melayang.

"Umumnya, jika astronot mengikuti program pemulihan pasca-terbang dan mereka bekerja keras di luar angkasa, dalam kurun waktu 30 hari setelah kembali dari misi selama enam bulan, kami dapat memulihkan kembali fleksibilitas dan stamina kekuatan mereka," ujarnya.

"Jika Anda mencari seks bukan untuk berkembang biak tapi hanya untuk pengalaman, itu mungkin, tapi bagaimana janin berkembang dalam gravitasi nol? Mungkin tidak akan berjalan dengan baik." 

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/26/172723220/bagaimana-astronot-menjaga-kebugaran-di-luar-angkasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke