Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah Jam Tangan Bersejarah Milik 5 Tokoh Dunia

Editor fashion buku 'A Man & His Watch', Mat Hraneck meneliti hubungan antara kolektor jam tangan-dari rapper ternama Nas hingga penyanyi sekelas Elvis Presley-dengan koleksinya.

Penelitian tersebut mengungkap hubungan antara kisah saat tokoh-tokoh dunia pertama kali memiliki jam dan hubungan emosional mereka terhadap jam tersebut. 

"Jam tangan kerap menandai momen penting dalam hidup, seperti kelahiran anak dan pekerjaan baru," ucap Mat Hraneck. Inilah lima kisah dari pria-pria terkenal dengan jam tangan yang berharga dalam hidupnya:

1. John F.Kennedy dan Omega Custom Inauguration

Jam tersebut dipakai Kennedy saat ia mengambil sumpah jabatan dan Kennedy sangat menyayangi jam tersebut selama masa hidupnya. Sebagai tanda terimakasih, Kennedy juga menghadiahi jam yang sama untuk Grant Stockdale, serta jabatan duta besar untuk Irlandia.

2. Steve McQueen dan TAG Heuer Monaco

Namun, jam yang mengokohkan merek ini dalam budaya pop adalah seri Monaco yang dipopulerkan oleh Steve McQueen saat berperan sebagai pembalap mobil handal dalam film 'Le Mans' tahun 1971.


3. Sylvester Stallone dan Tiffany & Co.Gold Rolex Submariner

Sly yang pada saat itu dinominasikan menerima Oscar untuk film 'Rocky' terkesima dengan jam tersebut. Ia lalu memutuskan untuk menghadiahi dirinya dengan "jam tangan paling indah yang pernah dilihatnya" itu.

Seusai pesawatnya mendarat, Sly pun langsung mencari jam tangan tersebut dan memilikinya hingga kini.

4. Major Desmon Homard dan Tudor Oyster Prince BNGE

Setelah ekspedisi usai, 26 arloji Oyster Princes yang dibuat khusus untuk ekspedisi tersebut diminta dikumpulkan. Namun, Homard lupa menyerahkannya dan sekarang jam tersebut berada dalam koleksi Tudor.

5. Charles Lindbergh dan Longines Lindbergh Hour Angle

Jam ini terbukti sangat membantu penerbangan Lindbergh yang memulai kemitraan dengan pembuat jam Longines pada tahun 1930.

Saat Lindbergh menjadi orang pertama yang menyelesaikan penerbangan tunggal melintasi Atlantic, Longines menjadi merek yang mencatatkan penerbangan 33,5 jam tersebut.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/23/190247820/inilah-jam-tangan-bersejarah-milik-5-tokoh-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke