Salin Artikel

7 Fitur Tersembunyi di Pesawat yang Tidak Anda Duga

Anda pasti tidak akan menduga bahwa beberapa fitur ini sebenarnya ada di dalamnya. Berikut ini 7 fitur tersembunyi di dalam pesawat yang tidak anda sadari:

1. Tombol ajaib untuk ruang tambahan

Menurut Travel+Leisure, Anda harus menekan sebuah tombol di sandaran lengan dekat dengan sikunya. Tombol ini akan membuat sandaran tangan terangkat ke atas secara otomatis dan memberi ruang lebih untuk tubuh.

2. Pegangan tersembunyi

Anda pasti kesal saat penumpang lain menggunakan kursi anda sebagai pegangan saat berjalan ke toilet. Begitu juga saat akan pergi ke toilet, Anda sendiri melakukan hal yang sama, karena tidak ada pegangan lain bukan? Salah, ternyata ada.

Di lain waktu, cobalah menggunakan fitur tersebut demi keseimbangan tubuh saat menyusuri pesawat. Dengan cara ini, Anda tidak akan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Baca :Ini Alasan Kenapa Kursi Pesawat Berwarna Biru

3. Area tidur rahasia

Penerbangan jarak jauh memang melelahkan bagi penumpang, tapi bayangkan menjadi pilot atau pramugari yang harus melewati penerbangan dalam 14 jam kerja. Mereka tentu lebih lelah.

Pintu khusus di bagian depan pesawat atau pintu yang terletak di atas kabin (masuknya lewat tangga) ternyata menyimpan seperangkat alat tidur untuk para awak penerbangan. Tempat tidur tersebut tertutupi oleh tirai tebal yang menjaga privasi dan kenyamanan para kru penerbangan saat tidur.

4. Pengait di sayap

Jika Anda mengintip bagian sayap pesawat Airbus dari jendela, Anda akan melihat lubang untuk pengait berwarna kuning. Apa gunanya?

Nah, pengait tersebut berfungsi untuk mengikatkan tali yang dikencangkan ke bagian depan sayap. Penumpang bisa berpengangan pada tali saat keluar dari pintu sayap pesawat tanpa tergelincir.

5. Segitiga di atas jendela

Cobalah melihat dinding kabin pesawat bagian tengah, tepatnya di atas jendela pesawat, Anda akan melihat sebuah segitiga hitam. Segitiga tersebut adalah penanda lokasi sayap pesawat.

Bagi mereka yang sering mabuk udara, pilihlah kursi di antara segitiga tersebut. Sayap pesawat adalah pusat gravitasi, jadi duduk diantara tempat tersebut akan mengurangi guncangan dan membuat anda merasa lebih baik.

6. Lubang di jendela

Perhatikan baik-baik jendela pesawat. Anda pasti akan melihat sebuah lubang kecil di bagian bawah jendela itu. Lihatlah lebih detail lagi, Anda akan menemukan bahwa lubang tersebut terletak di antara tiga panel.

Saat pesawat naik, tekanan di luar turun secara drastis. Namun, kabin pesawat dirancang untuk mempertahankan tekanan yang nyaman. Jadi, lubang tersebut berfungsi untuk penyeimbang saat terjadi perbedaan tekanan di dalam dan di luar pesawat.

Tekanan terbesar berada pada jendela, dan lubang di bagian tengah membantu untuk menyeimbangkan. Sedangkan jendela bagian dalam berfungsi untuk melindungi bagian tengah.

7. Borgol Tersembunyi

Jika penumpang mulai nakal, pramugari memiliki hak untuk menahan mereka. Borgol tersebut mungkin mirip dengan borgol yang dipakai polisi, tapi kebanyakan terbuat dari plastik yang mirip dengan pengikat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/30/082134420/7-fitur-tersembunyi-di-pesawat-yang-tidak-anda-duga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.