Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Makan Sehat, Jangan Pesan Makanan Saat Perut Lapar

Bila sebelumnya alasan di balik fenomena ini tidak begitu dipahami, peneliti dari Universitas Johns Hopkins menjabarkan topik tersebut secara ilmiah.

Foto makanan junk food seperti burger, pizza ayam goreng tepung, termasuk makanan dengan kalori dan lemak tinggi, bisa mengalihkan perhatian kita bahkan ketika sedang mengerjakan tugas lain dengan seksama. Demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychonomic Bulletin and Review.

Hal menarik lainnya, setelah peserta penelitian selesai mencicipi makanan tidak sehat tadi, barulah hasrat untuk makan makanan sehat datang kembali. Ini sebabnya, menjadi tidak heran bila banyak orang yang kerap menyesal mengapa tak makan sehat sebelumnya.

Selama penelitian, peneliti melibatkan peserta dalam tes komputer yang sulit, sementara, di sisi layar terselip gambar makanan tinggi lemak atau berkalori tinggi, makanan sehat, makanan cepat saji, yang sesekali melintas cepat.

Periset menemukan bahwa gambar makanan tidak sehat membuat peserta hampir dua kali terganggu fokusnya dalam menyelesaikan tugas mereka, dibandingkan dengan gambar makanan sehat atau benda lain. Hal ini kerap membuat peserta memilih makanan tidak sehat saat waktu makan tiba.

Namun, dalam percobaan lanjutan, sekelompok peserta diminta untuk menikmati dua batang permen kecil sebelum ujian. Hasilnya cukup mengejutkan; gambar makanan junk food ternyata tidak begitu mengganggu fokus peserta. Dalam percobaan tersebut, peserta tidak terlalu tergoda untuk makan makanan tidak sehat, dan masih mungkin memilih makanan sehat saat waktu makan tiba.

Penulis studi Corbin A. Cunningham, Ph.D., di departemen ilmu psikologis dan otak mengatakan, "Anda mungkin akan membuat pilihan yang seharusnya tidak dipilih saat perut sedang lapar.” Namun, jika Anda lebih dulu menikmati permen manis sebelum pergi berbelanja atau makan siang, kemungkinan Anda akan memilih makanan yang lebih sehat.

Jadi, menikmati sebatang permen sebelum pergi makan siang mungkin bisa menjadi cara agar Anda tak mudah tergoda oleh junk food.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/01/170000420/ingin-makan-sehat-jangan-pesan-makanan-saat-perut-lapar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke