Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makan Ini, Gairah Seksual dan Kesuburan Pria Terjaga

Sebelum panik, ada satu hal yang bisa diasup guna mendapatkan kandungan mineral untuk tubuh: daging merah.

Penelitian menunjukkan, kekurangan zinc merupakan faktor penyebab penurunan gairah seksual dan kesuburan. Alasannya, zinc membantu tubuh menjaga kadar hormon seks pria, testosteron.

Testosteron bertanggung jawab atas karakteristik seksual pria—mulai dari rambut di dada dan wajah, ukuran penis, serta kemampuan pria saat di ranjang. Jadi, apabila mineral yang membantu menjaga kadar testosteron itu menghilang, akan ada efek samping berupa turunnya kemampuan pria dalam bercinta.

Sumber zinc paling baik dari daging merah. Emma Derbshire, peneliti soal nutrisi, mengatakan, “Bagi pria, zinc adalah nutrisi vital untuk membantu mempertahankan kadar testosteron normal. Tanpa itu, gairah seksual dan kesuburan bisa memiliki masalah serius. Solusinya sangat sederaha.”

Dia menambahkan, daging merah adalah sumber seng terbaik yang bisa meningkatkan kadar testosteron.

Pria yang kekurangan zinc akan merasa lebih lelah daripada biasanya, kepekaan indera perasa dan penciuman berkurang, serta kekebalan tubuh lebih lemah. Kekurangan zinc juga menyebabkan sperma berenang lebih lambat sehingga mengalami infertilitas.

Zinc sangat penting dalam produksi dan gerakan sperma agar bisa mencapai dan membuahi telur. Jika sperma tidak dapat melakukan hal ini,  dampaknya, pria tidak bisa menghamili pasangannya.

Jadi, berapa banyak zinc yang dibutuhkan pria? Pria perlu mengkonsumsi setidaknya 9.5 mg zinc per hari. Sekitar 100 gram daging sapi mengandung sekitar 12.3 mg zinc, jadi Anda dengan mudah mendapatkan jumlah yang disarankan hanya dalam sekali makan.

Dan, 100 gram daging domba mengandung sekitar 4,67 mg zinc sehingga Anda tidak perlu banyak makan untuk mencapai kebutuhan harian.

Kekurangan zinc juga dapat menyebabkan berbagai masalah lain, seperti kulit, rambut, dan kuku yang buruk; sirkulasi darah yang tidak lancar; pertumbuhan tulang yang buruk; serta masalah dengan gula darah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/05/204244620/makan-ini-gairah-seksual-dan-kesuburan-pria-terjaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke