Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yang Harus Diperhatikan Ketika Menyelam

Perlu pelatihan khusus untuk melakukan olahraga ekstrim ini agar tak berakibat fatal. Kendati sudah memegang titel sebagai penyelam, tak sedikit yang melakukan kesalahan.

Dive Master Aceh Diving Community, Teuku Indra Patra mengatakan para penyelam tak boleh melakukan kesalahan sedikit pun, termasuk wajib sudah beristirahat cukup sebelum menyelam. Tak sedikit penyelam yang mengabaikan syarat ini, sehingga membuat tubuh mereka bermasalah--seperti pendarahan dari hidung.

"Harus istirahat cukup sebelum aktivitas, minimal lima jam tidur," kata pria yang akrab disapa Pipi kepada Kompas Lifestyle, di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (13/11/2017).

Selain itu, para penyelam kerap melupakan penyegaran. Aktivitas selama 15 menit ini perlu dilakukan untuk beberapa penyelam yang sudah berbulan-bulan tak menyelam.

Saat menyelam, kesalahan lain adalah meninggalkan tim. Menurut Pipi, setiap penyelam setidaknya harus tandem dengan satu penyelam lain.

Kesalahan lain adalah boros pernapasan karena terlalu cepat bernapas. Akibatnya akan sulit tenggelam dan persediaan oksigen yang cepat habis.

"Kalau tabung penuh berisi 200-220 bar. Untuk kedalaman 15 meter, akan habis 40 menit bila pernapasan normal. Sementara kalau nafas cepat, sekitar 25-30 menit," katanya.

Sebelum menyelam di laut, kita juga disarankan untuk banyak berlatih. Semakin sering berlatih, kita pun akan semakin nyaman di bawah air. Dengan begitu, kita pun lebih tenang dan tidak mudah panik saat menyelam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/14/100000420/yang-harus-diperhatikan-ketika-menyelam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke