Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Katy Perry dan Beberapa Model Dilarang Masuk China, Mengapa?

KOMPAS.com - Fashion show yang digelar oleh Victoria's Secret di Shanghai tak berlangsung seperti yang diharapkan. Acara itu "melorot" lebih cepat daripada tali renda pada lingerie murahan. Mengapa?

Katy Perry, salah satu aktris yang akan tampil, dan sejumlah model papan atas lainnya, termasuk Gigi Hadid dilarang masuk China. Penyanyi 'Swish Swish' tersebut telah mengajukan visa untuk masuk China namun ditolak.

Pada awalnya, penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat tersebut mendapat informasi bahwa dirinya bisa mendapatkan visa China.

Tapi, keputusan tersebut ternyata dibatalkan setelah pemerintah China mendapat informasi mengenai insiden kontroversial dari tahun 2015 di Taipei, ibu kota Taiwan.

Saat itu, Katty Perry mengenakan gaun berwarna kuning cerah kerlap-kerlip dengan aksen bunga matahari pada bagian dada selama pertunjukannya di Taipei.

Kostum yang dikenakan itu menimbulkan kemarahan China karena bunga matahari adalah simbol mereka yang anti-China.

Pada akhir penampilannya, Perry juga mengibarkan bendera Taiwan untuk menunjukkan dukungan bagi negara yang memerdekakan diri dari China dan dianggap membelot itu.

Sebuah sumber ekslusif mengatakan bahwa pada awalnya Katty Perry mendapatkan visa untuk tampil pada acara Victoria's Secret di Shanghai. Tapi, para pejabat China berubah pikiran dan menarik visanya.

"Untuk setiap artis yang akan tampil di China, para pegawai kedutaan menyelidiki media sosial dan laporan pers tentang mereka untuk melihat apakah mereka telah melakukan sesuatu yang dianggap menyinggung negara," ungkap sumber tersebut.

Beberapa tahun yang lalu, Maroon 5 dilarang tampil di China karena salah satu anggota band mengucapkan selamat ulang tahun untuk Dalai Lama lewat akun twitternya.

Sementara itu, para model yang juga dilarang masuk China diyakini karena pernah melakukan postingan media sosial yang juga dianggap menyinggung.

Gigi Hadid, yang diagendakan akan melakukan pertunjukan pada Agustus, dilarang karena video di Instagram.

Pada video tersebut, ia mengangkat biskuit yang berbentuk seperti Buddha dan meniru sosok religius itu dengan menyipitkan mata.

Video tersebut diposting oleh saudara perempuannya, Bella, pada bulan Februari dan kemudian dihapus setelah menuai banyak kritik.

Pengguna media sosial di China mengatakan bahwa yang dilakukan Hadid adalah bentuk rasisme dan melarangnya datang ke China.

Selain model seperti Julia Belyakova, Kate Grigorieva dan irina Sharipova, beberapa nama besar dalam Victoria's Secret juga ditolak masuk China.

Sementara itu, visa model Adriana Lima ditahan karena 'masalah diplomatik' yang sedang berlangsung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/17/151234520/katy-perry-dan-beberapa-model-dilarang-masuk-china-mengapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke