Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Kilat Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Meminum antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin mungkin mengurangi kemerahan, tetapi akan membutuhkan beberapa hari untuk melihat hasilnya, sedangkan acara Anda besok! Apakah ada cara menghilangkan jerawat dalam semalam saja?

Kemerahan pada jerawat bukanlah luka. Itu adalah bentuk peradangan. Ia diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel. Dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berpopulasi dan radikal bebas merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan kemerahan.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam semalam? Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum kita berlanjut ke cara menghilangkan kemerahan pada jerawat dalam semalam.

Yang pertama, kemerahan disebabkan oleh efek peradangan. Oleh karena itu, perawatan yang digunakan haruslah yang menangani masalah peradangan ini.

Yang kedua, Anda harus memastikan jerawat sembuh dengan cepat. Ini akan mengurangi kemerahan pada jerawat dengan cepat.

Ada beberapa perawatan alami yang efektif dan sederhana sehingga bisa Anda praktikkan di rumah untuk secara kilat mengurangi kemerahan pada jerawat.

Cara 1: es batu

Cara menghilangkan jerawat yang memerah, yang tercepat adalah dengan es. Gunakan kain untuk menampung beberapa es baru dan letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Cara 2: obat tetes mata

Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan tetes mata di dalam freezer. Biarkan selama semalam. Keesokan paginya, letakkan kapas tersebut di atas jerawat selama beberapa menit.

Ketika cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Hal ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang. Jika kemerahan tidak berulang, ulangi cara yang sama.

Cara 3: aspirin

Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah.

Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Tambahkan air. Kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya. Biarkan selama 30 menit.

Cara 4: pasta gigi tanpa mint, tanpa flouride

Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang membantu mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Cara 5: makeup

Anda juga bisa menggunakan makeup untuk menyembunyikan kemerahan. Saat ini sudah banyak kosmetik tersedia yang tidak berminyak dan non-komedo. Pilih kosmetik berbahan mineral yang menggunakan silica, titanium dioksida, dan zinc oksida karena bahan-bahan ini tidak mengiritasi kulit. Bahan ini juga efektif menghilangkan minyak dari kulit dan menutupi kemerahan.

Bila Anda menggunakan concealer untuk menyamarkan kemerahan, gunakan yang berwarna hijau karena kontras dengan warna merah pada jerawat, membuatnya terlihat samar. Taburkan bedak setelah memakai concealer untuk menyamakan warna kulit Anda. Hal ini juga akan mencegah lunturnya makeup.

Walaupun kemerahan pada jerawat bisa mengganggu penampilan , tetapi hal ini tidak seburuk luka yang ditinggalkan setelah jerawat. Perlu diingat, cara menghilangkan jerawat secara kilat ini tidak akan meminimalisir risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Anda perlu mengobati jerawat Ansedini mungkin untuk mencegah terjadinya luka.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/19/132100120/5-cara-kilat-menghilangkan-jerawat-dalam-semalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke