Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Waktu Terbaik Olahraga Ada di Pagi Hari?

Untuk membuktikan anggapan tersebut, Dr. Edward Melanson dalam Exercise and Sport Sciences Review mempelajari tingkat pembakaran lemak selama 24 jam pada individu yang berolahraga dan individu yang tidak.

Studi tersebut menemukan, saat tujuan olahraga Anda adalah untuk mempercepat pembakaran lemak, hasilnya tidak berbeda dalam 24 jam ke depan.

Dari sisi kesehatan, olahraga yang dilakukan setidaknya 30 menit sehari, 3-4 kali seminggu, sudah dapat memberikan Anda manfaat sehat terbaik, ketimbang tidak olahraga sama sekali.

Bila tujuan Anda berolahraga adalah untuk sehat, sama seperti pembakaran lemak, semua waktu selama 24 jam adalah yang terbaik, dengan catatan, jadwal itu tidak mengganggu waktu tidur malam Anda.

Jadi, kesimpulan yang didapat Dr. Melanson adalah tidak ada waktu yang paling ideal untuk berolahraga, semua waktu adalah ideal sesuai dengan preferensi dan jadwal Anda. Dengan hasil tersebut, diharapkan tidak ada lagi alasan "Saya tidak punya cukup waktu untuk berolahraga.” Sebab apakah pagi, tengah hari, atau malam hari, semua adalah waktu terbaik untuk olahraga.

Namun, Dr. Melanson mencatat, untuk mendapatkan hasil sehat terbaik, ada perlu menyesuaikan dengan jadwal tidur.

Misalnya, jika Anda adalah seorang olahragawan pagi dan Anda merencanakan latihan yang intens di pagi hari, maka buatlah tidur menjadi prioritas pada malam sebelumnya, dan hindari makan malam yang mungkin mengganggu perut dan membuat tidur tidak nyenyak (makanan berlemak atau pedas misalnya).

Jauh lebih ringan di perut jika memilih camilan sore yang ringan seperti sandwich energi rendah gula, pisang, atau roti gandum dengan selai kacang, untuk menjaga perut tetap kenyang serta memberi asupan energi yang cukup.

Selain menetapkan intensitas latihan, penting juga untuk memperhitungkan fleksibilitas. Jika Anda sudah merencanakan latihan yang berat di malam hari namun mengalami hari yang sulit di tempat kerja, tidak masalah menyesuaikan diri.

Cukup pindahkan latihan intens Anda keesokan harinya atau ganti dengan berjalan santai selama 30 menit setelah bekerja. Jika Anda seorang olahragawan pagi tapi mengalami pagi yang sibuk, maka cukup pindahkan latihan Anda di malam hari.

Intinya, selama Anda melakukan upaya sadar untuk tetap berolahraga, maka Anda berada di jalur yang benar untuk menjadi sehat seumur hidup.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/20/114800120/benarkah-waktu-terbaik-olahraga-ada-di-pagi-hari-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke