Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Pekerjaan yang Harus Dilakukan Ayah di Rumah

Irwan Rinaldi, pendiri Lembaga Ayah Untuk Semua, mengatakan ada tiga pekerjaan yang harus dilakukan ayah di rumah. Pekerjaan pertama adalah mencintai. Irwan mencontohkan bahwa disiplin harus didasari dari mencintai.

"Misalnya, bila ia berkata 'Nak ayah kurang setuju kamu pergi ke sana'. Mengucapkan itu harus didasarkan karena mencintai," kata Irwan saat Daily Fathering Session di pameran foto Ini Ayah Hebatku, Bentara Budaya Jakarta, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Salah satu manfaat yang didapatkan adalah membuat anak taat bila ungkapan tersebut didasarkan oleh cinta. Selain itu, dia meminta agar mencintai istri dan anak sepenuh hati.

"Cintai ibunya anak-anak sebelum anak-anaknya. Kemudian cintai anak-anak apa adanya," ujar Irwan.

Pekerjaan kedua adalah melatih sang anak. Irwan mengatakan setiap ayah sudah dipilih untuk menjadi pelatih bagi anak. Oleh karena itu, bila ada kesalahan, maka itu pasti karena sang pelatih.

Dia pun mengatakan karena ayah berstatus sebagai pelatih, maka pelatihan sebisa mungkin tak dialihkan kepada pihak lain, seperti pengasuh.

"Kalau diberikan ke orang lain, kita enggak akan tahu tahap perkembangan anak," ujarnya.

Pekerjaan ketiga adalah menjadi teladan. Untuk menjadi teladan, perlu konsisten dan komitmen. Dengan kata lain ayah harus terlibat dan terikat, sehingga menjadi teladan luar biasa.

"Misalnya gini, ayah akan jadi teladan kalau konsisten dan komitmen menyapa. Walaupun kita enggak bawa apa-apa saat pulang ke rumah, tapi selalu menyapa anak-anak, atau saat anak bicara, kita letakan ponsel, itu sudah bisa menjadi teladan," ujarnya.

Bila ketiga pekerjaan itu dilakukan, Irwan mengatakan anak akan terhindari dari istilah 'father hunger'--kondisi di mana anak haus akan kasih sayang ayah. Situasi ini tentu akan membuat masalah kompleks bagi kepribadian dan karakter anak.

"Anak bisa jadi tak dapat menentukan sikap, sensitif, dan tidak bisa melakukan apa-apa saat menemukan situasi buntu," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/21/184644820/3-pekerjaan-yang-harus-dilakukan-ayah-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke