Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Black Friday, Ternyata Pria Lebih "Getol" Berburu Diskon

Berdasarkan survei yang dilakukan Black-friday.sale -platform pengumpul promo Black Friday yang aktif di berbagai negara, pria lebih mendominasi dalam hal memburu diskon.

Tercatat konsumen pria mencapai jumlah 54 persen dan perempuan 46 persen.

Para pencari "harga murah" ini sebagian besar adalah mereka yang berusia antara 18-34 tahun, berasal dari kota-kota besar macam Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar.

Nah, untuk barang-barang yang paling diburu adalah elektronik (gadget), busana, dan travel.

Bahkan, mereka mulai siaga mencari promo terbaik sejak dini hari—dengan jam tersibuk antara pukul 09:00-10:00 WIB, serta pukul 13:00-14:00 WIB.

Akses terbesar menggunakan smartphone sebanyak 69 persen, dan desktop 31 persen.

Lebih mengejutkan lagi, jumlah pembelian dalam gelaran ini —berdasarkan data rata-rata jumlah pembelian di Black Friday 2017, mencapai Rp144.000 per orang.

Jumlah ini disebut lebih besar apabila dibandingkan dengan jumlah pembelian di salah satu hari diskon populer Asia, Singles Day 11.11 lalu. Rata-rata pembelian per orang di ajang itu mencapai Rp 135.000.

Paparan di atas menunjukkan Black Friday juga diminati oleh masyarakat Indonesia.

Lebih jauh, hal ini mengindikasikan peluang untuk para pemasar agar dapat memanfaatkan momen Black Friday dan menyasar para pemburu diskon.

Sayangnya, tahun ini disebut masih seperti tahun sebelumnya--belum terlihat banyak peritel turut berpartisipasi dalam acara tahunan ini.

“Popularitas Black Friday semakin tumbuh di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia."

"Kami melihat komunitas pencari deals terus mencari penawaran terbaik. Apabila diperhatikan dan dimanfaatkan momennya sebaik mungkin, Black Friday dapat memberikan keuntungan besar bagi para peritel.”

Hal itu dikatakan Igor Saphiro, Managing Director Asia Pacific and Eastern Europe platform Black-friday.sale dalam keterangannya kepada Kompas Lifestyle.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/27/183844720/black-friday-ternyata-pria-lebih-getol-berburu-diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke