Salin Artikel

Rusak Lingkungan, Kosmetik "Glitter" Akan Dilarang?

Kebanyakan glitter terbuat dari plastik, dan bagian-bagian kecil dari partikel ini bisa menyebabkan bahaya ekologi, terutama di lautan.

"Saya rasa semua glitter seharusnya dilarang, terutama karena ini adalah mikroplastik," ujar Dr.Trisia Farrelly, ahli antropologi lingkungan dari Inggris.

Mikroplastik adalah fragmen dari plastik berukuran panjang kurang dari 5 milimeter. Ukurannya yang sangat imut ini membuatnya tampak menarik seperti makanan-walau berbahaya- bagi hewan-hewan laut.

Tak sedikit dokumentasi yang membuktikan hewan laut mulai dari plankton sampai paus yang memakan plastik. Terkadang dampaknya cukup fatal, mikroplastik itu berakhir di dalam perut seafood yang dikonsumsi manusia.

Penelitian yang dilakukan Profesor Richard Thompson menunjukkan, plastik ditemukan pada sepertiga dari ikan yang ditangkap di Inggris Raya.

Jumlah mikroplastik di laut seluruh dunia diperkirakan mencapai 51 triliun kepingan.

Sebagian besar mikroplastik memang berasal dari sisa-sisa plastik yang terurai menjadi bagian-bagian kecil. Namun, partikel sangat kecil yang disebut mikrobeads juga dibuat dengan sengaja untuk produk kosmetik dan kesehatan.

Kampanye aktif yang dilakukan para aktivis di Inggris akhirnya membuat pemerintah mengeluarkan larangan pemakaian mikrobeads.

"Sampah plastik telah membuat kehidupan hewan laut terancam bahaya," kata Menteri Lingkungan Inggris, Michael Gove.

Glitter dalam kosmetik, menurut Farrelly, sering dianggap tidak berbahaya. Padahal, glitter kebanyakan terbuat dari alumunium dan plastik yang disebut PET. Zat tersebut bisa pecah, terurai dan mengeluarkan zat kimia yang bisa menggangu hormon dalam tubuh manusia dan hewan.

Sebagai alternatif, sebenarnya saat ini juga ada produk glitter yang lebih ramah lingkungan dan tidak akan dimakan hewan laut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/12/05/111400120/rusak-lingkungan-kosmetik-glitter-akan-dilarang-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.