Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bebas Stres karena Tagihan Kartu Kredit Saat Libur Akhir Tahun

Saat semua sudah terjadi, yang bisa dilakukan adalah penyesalan karena belanja tak terkontrol. 

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa masa liburan Natal dan Tahun Baru adalah tentang memberi—nah, kenapa Anda tak memulai untuk memberikannya pada diri sendiri.

Terapis masalah keuangan pribadi, Amanda Clayman mengatakan bahwa menyalahkan diri sendiri hanya buang energi dan cara lain untuk menunda-nunda.

Membenci diri sendiri tidak sama dengan memecahkan masalah dan memastikan tidak pernah melakukannya lagi.

Cobalah mengistirahatkan diri dari urusan tagihan—bahkan memikirkannya? Dengan kata lain, buat komitmen pada diri sendiri untuk secara serius memikirkan jalan keluar dari tagihan pada bulan Januari. Kemudian biarkan diri beristirahat sesaat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari stres karena tagihan:

1. Akui akan ada beberapa pengeluraran untuk liburan.

Selama liburan akhir tahun akan ada pesta dan Anda akan memberikan hadiah. Jangan takut Anda akan mengeluarkan uang berlebih, karena itu fakta dari liburan. Kemudian buat rancangan siapa saja yang akan diberikan hadiah. Semakin muda usianya, hadiahnya bisa semakin murah.

2. Sesuaikan dengan kemampuan.

Bila tak memiliki uang berlebih, maka bisa membuat kado buatan sendiri seperti gelas dengan ukiran nama orang yang mendapatkannya. Youtube, Instagram, atau Pinterest adalah gudang ide yang bisa dieksplorasi.

Ide yang bisa dicontoh adalah membuat lilin dalam cangkir teh antik, sup dan pot bunga unik. Selain itu bisa membuat kartu ucapan yang keren. Nah, saat ibu tidak melulu ingin pelukan. Anda bisa membuat satu masakan, memijat kakinya selama 15 menit, hingga bersih-bersih rumah atau bisa juga sesuatu yang menurut Anda disukai oleh ibu.

3. Jangan buka kartu kredit

Jangan membuka rekening kartu kredit saat liburan, bahkan bila Anda ditawari banyak hadiah dan bonus. Sebab itu hanya akan membuat masalah baru bagi tagihan. Tahan diri untuk tidak belanja terlalu banyak hingga melebih batas maksimum, atau batas minimal pembayaran. 

Perlu Anda ketahui bahwa liburan akhir tahun adalah tentang cinta, teman dan keluarga yang mencintai—bahkan jika Anda mengalami masa finansial yang sulit. Apakah Anda berpikir bisa melakukan hal yang sama untuk diri sendiri?

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/12/22/120000920/bebas-stres-karena-tagihan-kartu-kredit-saat-libur-akhir-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke