Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Makan Kekenyangan Bikin Ngantuk?

Pada umumnya begitu makanan sampai ke lambung, sistem pencernaan akan menyerap zat gizinya untuk kemudian dibagi-bagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan. Sebagian besar zat ini akan diubah menjadi energi yang dipakai oleh otot sekujur tubuh untuk terus bergerak.

Sementara sisanya akan membantu tubuh memproduksi dan mengatur berbagai hormon, seperti kolesistokinin dan glukagon yang memicu rasa kenyang sekaligus menaikkan gula darah, serta serotonin dan melatonin yang merangsang rasa kantuk.

Kombinasi dari berbagai hormon ini tak hanya membuat kita merasa ngantuk setelah makan, namun juga membuat tubuh lemas dan capek. Biasanya, rasa kantuk akan menghampiri setelah makan makanan yang tinggi karbohidrat dan triptofan. Contohnya nasi, kentang, pasta, roti-rotian, susu, dan pisang.

Dalam kamus populer, sensasi ngantuk setelah makan disebut dengan istilah food coma. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut postprandial somnolen. Respon tubuh ini sangat wajar dan terjadi pada hampir setiap manusia. Apalagi jika baru saja makan kekenyangan. Meski demikian, rasa ngantuk dan kecapekan setelah makan juga bisa diakibatkan oleh masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan penyakit celiac.

Apa saja gejalanya?

Selain lesu, ada beberapa gejala lain yang bisa terjadi, seperti:

  • Malas
  • Perut terasa kembung
  • Perut begah
  • Perut bergas
  • Rasa ngantuk, cepat marah, dan mudah tersinggung
  • “Lemot“, alias sulit berkonsentrasi

Bagaimana cara mengatasinya?

Bila Anda mulai merasa rasa ngantuk setelah makan, segeralah bangkit untuk lakukan peregangan atau berjalan kaki sebentar, 15 menit saja cukup. Ini bertujuan untuk menurunkan gula darah dan hormon-hormon pemicu ngantuk.

Jika perut bermasalah, Anda bisa minum teh jahe atau teh peppermint hangat untuk meredakan gejalanya.

Bagaimana menghindari rasa ngantuk setelah makan?

Jika tidak ingin mengantuk dan kecapekan setelah makan, hindari terlalu banyak makan. Tips berikut juga bisa Anda lakukan untuk membuat rasa kantuk batal menghampiri:

  •     Mengunyah makanan pelan-pelan untuk membantu proses pencernaan.
  •     Jangan melewatkan makan, sehingga membuat nafsu makan selanjutnya menjadi lebih besar. Pastikan jarak waktu makan sekitar 3 sampai 4 jam.
  •     Minum air sebelum makan
  •     Pilihan makanan juga perlu dipertimbangkan. Dilansir dari Women’s Health Magazine, makanan yang bisa dikonsumsi adalah makanan tinggi protein, rendah karbohidrat, dan rendah lemak.
  •     Setelah makan, segeralah bangkit untuk lakukan aktivitas fisik ringan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/04/132827020/kenapa-makan-kekenyangan-bikin-ngantuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke