Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanda Anda Terlalu Dekat dengan Bos

“Sangat baik bila memiliki hubungan pribadi di kantor, dan penelitian menunjukkan bahwa memiliki teman dekat di tempat kerja adalah salah satu penunjang yang baik untuk mendapatkan hasil kinerja yang bagus, tapi hal tersebut akan bermasalah bila orang tersebut adalah atasan Anda, karena mereka memiliki kuasa atas karier Anda,” kata psikolog Kate Snowise kepada HuffPost.

Nah, bagaimana bisa mengetahui tanda-tanda hubungan Anda terlalu dekat dengan bos yang malah membuat berbahaya?

  1. Anda tidak lagi menerima masukan membangun soal kinerja

“Terdapat garis yang jelas antara menjadi seorang atasan dan teman, dan menjadi seorang atasan terkadang memerlukan obrolan serius. Jika terlalu dekat dengan atasan, Anda tidak akan menerima masukan membangun lagi atau tidak mendapatkan arahan tentang bagaimana mendapatkan karier ke tingkat selanjutnya. Seorang teman biasanya tidak akan mengecewakan atau menyerang kita, tapi masukan yang keras dari atasan bisa menjadi ‘bahan bakar’ positif untuk membantu kita maju dalam karir,” kata Snowise.

  1. Merasa seperti ‘hewan kesayangan’ guru

Ini tanda peringatan pertama. Anda merasa dikhususkan untuk memegang project dan diajak makan siang lebih sering dibandingan rekan kerja lain dalam tim. Anda juga mungkin lebih banyak bertatap muka dengan atasan.

"Ini adalah area bahaya bukan hanya untuk atasan dan perusahaan—khususnya terkait perundungan dan kekerasan seksual—tapi untuk Anda. Anda berisiko dikucilkan oleh teman dan akan sulit bekerjasama dengan rekan kerja lain,” kata Lynn Taylor, konsulan karier dan penulis Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior & Thrive in Your Job

  1. Saling bercanda yang membuat rekan kerja lain tak nyaman

“Tak masalah bila Anda membangun sebuah hubungan pertemanan dengan atasan di luar kerja. Tapi itu bisa merusak bila Anda mulai membuat candaan yang turut serta dilakukan di tempat kerja. Jika dalam suatu rapat, Anda dan atasan saling pandang satu sama lain karena membicarakan rekan kerja lain, maka Anda terlalu dekat. Ini adalah perilaku yang tak baik di tempat kerja dan akan merusak produktivitas kerja,” ungkap ahli psikoterapi Alena Gerst. 

  1. Suasana rapat terlalu santai

Jika Anda terlalu dekat dengan atasan, seringkali batasan antara kerja dan bermain samar. Bahayanya Anda tidak akan mendapat arahan atau dukungan yang dibutuhkan, seperti rapat menjadi terlalu santai dibandingkan membahas pekerjaan terkait masalah dan solusinya. "Anda bisa mengatasinya dengan mengirimkan atasan beberapa hal yang akan dibicarakan sebelum rapat,” ungkap Kate Snowise.

  1. Memiliki kewajiban untuk bertemu di luar pekerjaan

“Sangat bagus bila Anda diundang sendiri makan siang oleh atasan. Tapi, jika Anda dikhususkan, dan terjadi berkali-kali serta ditambah melakukan hiburan, seperti makan malam—hubungan Anda menjadi lebih dekat satu sama lain. Anda harus mampu melakukan pekerjaan selama jam kerja normal dan jangan pernah merasa tidak nyaman tentang waktu atau tempat. Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda memiliki hak untuk segera bersuara, dengan baik-baik,” ungkap Lynn Taylor.

  1. Saling curhat satu sama lain seperti teman dekat

Orang sering mengatakan tak penting apa yang Anda ungkapkan tak akan memengaruhi pandangan terhadap Anda—namun kita manusia dan beberapa hal tak bisa kita dengar. Jadi, berhati-hatilah tentang apa yang Anda ceritakan kepada atasan. Jika Anda menjadikan bos sebagai teman curhat, ceritakan pada mereka tentang masalah pekerjaan saja,” ungkap Kate Snowise

  1. Hubungan Anda mulai ‘genit’

“Jika Anda merasa berada seperti antara kencan dan kerja—ada alasan untuk cepat mengatasi masalah tersebut. Atasan Anda mungkin memiliki panggilan ‘khusus’ atau melewati batas dengan memeluk, dan ini terjadi berulang kali. Anda dibuat tak bisa melakukan apa-apa dan sulit produktif. Kian lama Anda membiarkan perlakuan tersebut, maka akan kian sulit lepas dan konsekuensi hukumnya akan semakin rumit,” kata Lynn Taylor.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/04/200000920/7-tanda-anda-terlalu-dekat-dengan-bos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke