Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sahabat Selingkuh, Haruskah Menyampaikan pada Pasangannya?

Bila sahabat Anda bercerita tentang perselingkuhannya kepada Anda, itu berarti Anda adalah orang yang ia percaya. Tentu Anda tak ingin kehilangan persahabatan hanya karena membocorkan rahasia itu kepada suaminya.

Di lain pihak, Anda tahu apa yang ia lakukan salah dan jika Anda menutup mata, maka secara tidak langsung Anda membiarkan pernikahannya berada dalam jurang kehancuran.

Menurut pakar hubungan John Gray, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Ada banyak faktor yang memengaruhi langkah yang harus Anda ambil.

"Tidak semua hal yang kita ketahui perlu dibagi dengan orang lain, apalagi yang sifatnya rahasia. Seberapa dekat hubungan Anda dengan pasangan sahabat juga berpengaruh. Jika tak terlalu dekat, mungkin ia juga tak berharap Anda berbagi rahasia dengannya, tapi tak menyampaikan fakta juga hal lain," kata Gray.

Pertimbangkan juga konsekuensinya jika Anda mengungkapkan rahasia tersebut. Hubungan persahabatan Anda akan rusak dan mungkin Anda akan terlibat dalam konflik orang lain.

"Tapi, Anda juga harus mendorong sahabat Anda untuk menceritakan faktanya atau menyudahi perselingkuhannya," katanya.

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, apalagi jika Anda diminta untuk menutupi fakta-faktanya, sampaikan pada sahabat perasaan Anda.

Kita tak pernah tahu "rahasia dapur" rumah tangga orang lain. Mungkin selama ini pernikahan sahabat Anda memang sudah bermasalah atau suami sahabat mungkin sudah mencurigai perselingkuhan pasangannya. Kelak, jika suami sahabat Anda bertanya kepada Anda, katakan saja yang sejujurnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/09/200000820/sahabat-selingkuh-haruskah-menyampaikan-pada-pasangannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke