Salin Artikel

Sering Minum Obat Pereda Nyeri Kurangi Kesuburan Pria

Obat pereda nyeri juga biasanya kita andalkan untuk mengurangi gejala nyeri otot, sakit gigi, nyeri haid, hingga arthritis. Konsumsi obat pereda nyeri golongan ibuprofen dalam jangka panjang ternyata mengurangi kesuburan para pria.

Demikian menurut riset terbaru yang diterbitkan dalam laporan National Academy of Sciences. Penelitian itu dilakukan oleh tim dari Denmark dan Perancis terhadap 31 pria berusia antara 18 sampai 35 tahun. Mereka diminta untuk mengonsumsi 600 miligram (tiga tablet) ibuprofen dalam satu hari selama 6 minggu.

Sementara pria dari kelompok pembanding diminta minum obat plasebo (tidak megandung zat aktif). Tim peneliti memantau kelompok ini selama 2 minggu.

Pada akhir penelitian, semua relawan penelitian menunjukkan tingkat hormon luteinizing yang lebih tinggi. Hormon ini mencegah sel tertentu dalam testis untuk memproduksi testosteron.

Baca :Para Lelaki Waspadalah, Ini 10 Hal Tak Terduga yang Bikin Mandul

Para peneliti juga menemukan bahwa kelenjar pituitari peserta memproduksi lebih banyak hormon lain yang mendorong tubuh mereka memproduksi lebih banyak testosteron.

Walau kombinasi kedua respons ini masih membuat tingkat testosteron keseluruhan tetap konstan namun, ada perubahan drastis yang masih terjadi dalam tubuh mereka dan menyebabkan kondisi hipogonadisme.

Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan sementara produksi sel sperma pada pria. Tentunya dapat mengurangi tingkat kesuburan.

Efek ini , menurut periset, hanya akan terjadi pada penggunaan ibuprofen secara teratur alias jangka panjang. Tapi, tidak akan berdampak pada mereka yang menggunakannya dalam batas wajar.

Nah, agar kesuburanmu terjaga cobalah untuk melakukan Olahraga yang Efektif Meningkatkan Kesuburan Pria dan Makan Ini, Gairah Seksual dan Kesuburan Pria Terjaga.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/17/072140020/sering-minum-obat-pereda-nyeri-kurangi-kesuburan-pria

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.