Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Obati Stres Hingga Terapi Psikologis, Musik Membawa Banyak Manfaat

Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa juga meyakini hal tersebut. Menurutnya, musik merupakan aktivitas yang sangat berkaitan dengan fisik. Secara psikologis, musik bisa membuat seseorang lebih kreatif.

Tak hanya kreatif untuk di bidang musik, namun pada bidang yang lebih luas.

"Mulai dari musik, di bidang lain bisa lebih kreatif. Belajar musik menjadi trigger untuk kreatif atau sukses," ujar Erwin di sela peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).

Di samping itu, ia juga meyakini musik bisa menimbulkan rasa bahagia. Baik kepada orang yang memainkan musik, yang membuat musik, maupun yang mendengarkan musik.

Mendengarkan musik bisa mengurangi stres. Lebih jauh, musik bahkan digunakan untuk terapi kesehatan.

"Yang ahli pasti bisa mengatur itu. Musik kan memang bersentuhan sekali dengan keseharian, psikologis. Sama syaraf juga," kata ayah dari penyanyi Gita Gutawa itu.

"Mengatasi stres pasti bisa. Dengan mendengarkan musik yang tepat," sambung dia.

Bermusik juga mempengaruhi kehidupan sosial, terutama jika terlibat secara berkelompok. Bermain musik orkestra, misalnya, juga melatih kedisiplinan.

"Belum lagi kalau masuk ke taraf musik bisa jadi terapi. Tapi saya enggak sampai situ. Itu ada spesialisnya. Buat saya, musik dampaknya selalu positif," tutur Erwin.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/17/204354720/obati-stres-hingga-terapi-psikologis-musik-membawa-banyak-manfaat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke