Salin Artikel

Saat "Martin Luther King Jr" Hiasi Sepatu Para Bintang NBA...

Seperti biasa, bukan hanya aksi energik para bintang, dan persaingan klub papan atas yang menjadi perhatian publik, sepatu yang mereka gunakan pun selalu mendapatkan porsi atensi tersendiri.

Seperti diberitakan laman ESPN, di awal pekan ini, sejumlah pemain turun ke lapangan dengan tema MLK Day yang merupakan peringatan untuk Dr. Martin Luther King Jr.

Hari Martin Luther King Jr. adalah hari ulang tahun tokoh reformasi gereja tersebut, yang lalu dijadikan sebagai hari libur di AS.

Suasana MLK Day mulai dapat dirasakan pada hari Senin ketiga bulan Januari setiap tahunnya, yaitu sekitar hari ulang tahun King, yang jatuh pada 15 Januari.

Atlet-atlet top NBA yang disokong Nike turun ke lapangan dengan slogan "equality". Salah satunya, sneakers yang dipakai bintang NBA Celtics, Boston kelahiran Australia, Kyrie Irving.

Sementara, bagi beberapa pemain NBA lainnya, MLK Day juga sekaligus merupakan momen peringatan Black History Month di bulan Februari.

Black History Month pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926, ketika seorang sejarawan Carter G. Woodson dan sebuah asosiasi yang meneliti sejarah dan perjuangan kelompok negro di AS mengumumkan minggu kedua Februari sebagai "Negro History Week."

Hari itu pun sekaligus menjadi momen ungkapan terima kasih kepada para tokoh Afrika-Amerika yang telah membuka jalan dan memberikan harapan bagi kaum kulit hitam hidup setara di AS.

Salah satu ungkapan keren dilakukan Eric Bledso dari Bucks, Milwaukee yang mengenakan Nike Zoom "Lebron James" Soldier 11.

Sepatu itu berwarna hitam, dengan logo swoosh emas,  dilengkapi strap berwarna bendera Pan-Africanism.

Pan-Africanism adalah gerakan intelektual di seluruh dunia yang bertujuan untuk mendorong dan memperkuat ikatan solidaritas antara semua orang keturunan Afrika.

Tak hanya itu, pada sepatu Bledso juga tertera tulisan 4 November 2008 yang merupakan tanggal Barack Obama terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama di AS.

Ada pula Karl-Anthony Towns dari Timberwolves, Minnesota yang mengenakan sepatu Hyperdunks 20 dibubuhi lukisan wajah Martin Luther King lengkap dengan slogan "I Have A Dream", karya artis Kickstradomis.

Lalu, sedikit berbeda dengan tema di atas, forward Thunder, Oklahoma City, Nike Paul George juga meluncurkan sepatu terbarunya.

Seperti diberitaka sebelumnya, Nike PG2 ini meciptakan kolaborasi antara console box terkenal PlayStation dan olahraga basket yang menjadi dua kegemaran George.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/22/093000320/saat-martin-luther-king-jr-hiasi-sepatu-para-bintang-nba-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.