Salin Artikel

Alasan Mengapa Jangan Berikan "Softdrink" ke Anak

Berikut adalah beberapa alasan ilmiah mengapa anak sebaiknya tak diberikan softdrink:

1. Soda tidak mengandung nutrisi, tinggi kalori serta gula. Penelitian menunjukkan kaitan kuat antara konsumsi soda dan obesitas. Jika anak memiliki gaya hidup yang kurang bergerak, ia beresiko tinggi kegemukan jika punya kebiasaan mengonsumsi minuman manis, termasuk soda.

2. Softdrink bisa menekan nafsu makan pada anak sehingga mereka tidak mau mengonsumsi makanan bernutrisi. Peminum soda diketahui memiliki level vitamin A, kalsium, magnesium, dan vitamin penting lain yang rendah.

3. Phosphorus, kandungan yang biasa ditemukan dalam soda, bisa mengurangi kalsium dalam tulang anak yang sedang masa pertumbuhan. Anak perempuan yang sering minum soda diketahui lebih rentan mengalami patah tulang.

4. Penelitian juga menemukan kaitan langsung antara kerusakan gigi dan soda. Bukan hanya menyebabkan lubang gigi, asam dalam soda juga mengikis enamel gigi.

5. Minum soda setiap hari bisa menyebabkan gangguan metabolisme gula darah dan dalam jangka panjang memicu diabetes.

6. Aspartam, gula tambahan dalam diet soda, diketahui mengganggu hormon.

7. Kebiasaan minum softdrink diketahui dapat menggangu keseimbangan asam alkalin di lambung sehingga menciptakan lingkungan yang asam. Dalam jangka panjang hal ini memicu peradangan di lambung.

8. Kandungan kafein dan juga lonjakan gula darah setelah menenggak softdrink bisa menyebabkan anak menjadi lebih aktif, agresif, dan susah fokus.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/23/170000520/alasan-mengapa-jangan-berikan-softdrink-ke-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.