Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Menyehatkan dari Pelukan

KOMPAS.com - Saat melihat orang yang kita sayangi menangis, pasti kita langsung refleks memberi mereka pelukan. Saat kita ada di posisi yang sama, mendapat pelukan otomatis akan membuat hati kita lebih tenang. Pada dasarnya setiap orang memang butuh dipeluk.

Riset telah membutikan bahwa pelukan ternyata memiliki manfaat fisiologis yang positif terhadap kesehatan dan suasana hati. Manfaat ini ternyata tak hanya berlaku oleh sang penerima pelukan tetapi juga dapat dirasakan oleh yang memberi pelukan tersebut.

Isabel Leming, Senior Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) Technician dari klinik Smart TMS, sebuah klinik kesehatan untuk pengobatan depresi yang berbasis di London, memaparkan manfaat besar dari pelukan.

1. Menghilangkan kesepian

Pelukan dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon cinta. Hormon ini memiliki manfaat untuk sejumlah kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan. Oksitosin adalah neurotransmiter yang bekerja pada pusat emosi otak, meningkatkan perasaan puas, percaya, keakraban dan saling terikat.

Baca :Dunia Menghadapi Epidemi Kesepian

2. Mencegah penyakit jantung

Oksitosin juga menyebabkan kita merasa lebih rileks, menurunkan ketegangan dan kadar hormon stres yang disebut kortisol. Kortisol bertanggung jawab atas tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Itu sebabnya pelukan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca :7 Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

3. Mengatur emosi

Pelukan juga dapat meningkatkan kadar dopamin yang bertanggung jawab untuk mengatur rangkaian respon emosional dan sinyal otak. Mereka yang kurang mendapatkan atau memberi pelukan akan rentan mengalami gangguan mood seperti depresi.

4. Mengatasi mood

Saat kita memeluk seseorang, tubuh juga akan memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi mengatur mood. Mereka yang menderita depresi juga bisa dikaitkan dengan kekurangan hormon ini. Jadi, jika mood kalian sedang buruk, cobalah untuk memeluk orang yang kalian cintai.

Baca :Apa yang Anda Makan Menentukan "Mood" Anda...

5. Stres

Produksi hormon seperti oksitosin, kortisol dan serotonin dapat membuat kita merasa lebih baik. Inilah yang mampu mengurangi tingkat stress dalam diri kita.

Dengan meluangkan waktu untuk memeluk seseorang, bahkan hanya sebentar, ini membuat kita merasa tenang dan dicintai.

Baca :Tangkal Depresi, Coba Lakukan Hal-hal Sederhana Ini

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/26/180500020/5-manfaat-menyehatkan-dari-pelukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke