Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rahasia Tanaman Tahan Cuaca untuk Kulit Muka

Sampai-sampai para peneliti meyakini ada bahan di dalam tanaman tersebut yang membuat mereka tetap segar walau ditimpa sinar matahari sepanjang waktu, atau berada di daerah dengan suhu sangat dingin.

Adapun tanaman-tanaman yang dimaksud adalah edelweiss dari Pegunungan Italia, serta tanaman criste marine dan perdu sea holly yang tumbuh di pesisir Perancis.

Edelweiss (Leontopodium alpinum) dikenal bisa bertahan dalam cuaca beku dan tetap cantik. Kandungan yang dimiliki edelweiss untuk bertahan dalam lingkungan keras ini ternyata juga bagus untuk kulit.

Ekstrak tanaman ini banyak digunakan dalam produk anti aging. Tak hanya membuat kulit awet muda, namun tanaman dengan bunga putih ini juga melindungi sel kulit berkat kandungan antioksidannya. Ia bisa menjaga kelembapan, serta membantu memperbaiki kulit agar lebih sehat.

Manfaat serupa juga ditemukan pada tanaman criste marine yang tumbuh di pesisir Perancis. Sejenis alga ini mendapatkan nutrisi dari laut. Mereka hidup 12 jam di bawah air laut, dan 12 jam lagi terpanggang matahari.

Tanaman yang hanya tumbuh pada musim semi dan dipetik dengan tangan ini memiliki manfaat untuk mencegah penuaan kulit.

Sel punca yang diambil dari criste marine digunakan untuk memperbaiki dan menumbuhkan sel-sel kulit, meningkatkan elastisitas, menghalangi terbentuknya melanin, sekaligus melindungi kulit.

Nah, ketiga tanaman inilah yang dipilih Body Shop dalam produk perawatan kulit Drops of Youth. Seperti namanya, produk krim dan pencuci muka ini dimaksudkan untuk menjaga kulit tetap segar dan muda.

"Rangkaian produk ini diperkaya dengan ekstrak edelweiss dari pegunungan di Italia, serta criste marine dan sea holy dari pesisir Perancis. Bahan-bahan ini dikenal bisa melindungi dan menjaga kekencangan kulit," ujar Public Relations Manager The Body Shop Indonesia, Ratu Ommaya Dina Foliana.

Adapun krim Drops of Youth bisa digunakan sebagai eye cream untuk menyegarkan mata yang lelah pada pagi hari serta sebagai eye mask saat tidur pada malam hari agar sekitar mata tampak sehat dan segar esoknya.

Krim ini memiliki tekstur lembut yang mudah menyerap dan tidak meninggalkan bekas lengket pada kulit. Ia juga diperkaya dengan ekstrak mentimun untuk memberi kesegaran.

Sedangkan produk pencuci muka Drops of Youth juga praktis digunakan, karena saat ditekan, produk ini akan menjadi busa dan dengan mudah dipakai untuk membersihkan wajah. Fungsinya untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, sekaligus memberi kelembapan.

Selain mengandung ekstrak tiga tanaman di atas, produk ini juga diperkaya dengan minyak babassu dari Brazil dan sari tebu dari Paraguay.

Minyak babassu kaya akan vitamin dan phytosterol yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan. Saat dipakai pada kulit, minyak ini memberikan sensasi dingin dan sejuk, melembapkan, namun tidak menyebabkan kulit terlihat berminyak. Teksturnya yang ringan tidak menyebabkan penyumbatan pori dan aromanya segar.

Sedangkan ekstrak tebu yang mengandung glycolic acid membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah lebih cerah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/31/120051020/rahasia-tanaman-tahan-cuaca-untuk-kulit-muka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke