Salin Artikel

Mengapa Bibir Mudah Kering dan Pecah-pecah Saat Cuaca Dingin

Bibir yang terlihat halus dan berwarna merah muda adalah tanda dari kelembapan yang cukup dalam lapisan kulit.

Dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lain, bibir memiliki banyak lapisan sel tipis yang disebut keratinosit, yang membuat kulit bibir kita menjadi rapuh jika kita dehidrasi.

Bibir juga tak memiliki lapisan sel stratum corneum yang cukup. Sel ini pada dasarnya mengandung molekul-molekul lemak seperti ceramide, yang bisa melindungi kulit kita dari kekurangan cairan.

Diperkirakan kekurangan cairan pada bibir tiga kali lebih cepat daripada area kulit yang lain.

Cuaca dingin memicu respons peradangan lokal pada bibir. Peradangan ini menimbulkan berkurangnya kelembaban bibir dan memicu kerusakan sel di bibir.

Akibatnya, kulit bibir pecah-pecah dan seperti bersisik, bahkan membuat warnanya lebih merah pada bagian permukaan dan dalam kulit.

Nah, jangan khawatir karena kamu bisa mencegah bibir pecah-pecah dan kering. Gunakan emolien, yang mampu membuat lapisan pelindung di kulit bibir dan menjaga kelembapannya.

Tapi, tidak semua lip balm memiliki efek yang sama dan tidak semua mengandung emolien. Kamu bisa mencari lip balm yang mengandung bahan seperti lanolin, shea butter dan cocoa butter.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/07/100048920/mengapa-bibir-mudah-kering-dan-pecah-pecah-saat-cuaca-dingin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.