Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waktu yang Tepat "Pensiunkan" Pakaian Olahraga

Memakai perlengkapan olahraga yang sudah kendur atau bahannya mulai kasar bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat dipakai, bahkan menyebabkan iritasi kulit.

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti pakaian olahraga kita dengan yang baru.

Bra olahraga
Masa pakai bra olahraga rata-rata 6 bulan sampai setahun. Menurut pakar style and fit Jenny Altman, kita perlu mengganti bra olahraga ketika ukurannya berubah, kendur, atau sobek.

Agar bra olahraga tidak cepat usang sebelum waktunya, jangan cuci dengan mesin cuci. Selain itu, segeralah cuci bra setelah dipakai berolahraga karena keringat dan deodoran yang menumpuk bisa merusak bahan bra.

Legging
Masa pakai celana ketat ini tergantung pada pemakaian dan kualitasnya, tetapi rata-rata setelah 2 tahun, bahannya akan kendur. Legging yang mengkompresi cenderung lebih cepat kendur karena serat elastisnya sering meregang ketika dipakai.

Agar legging kita lebih awet, Altman merekomendasikan untuk memilih produk yang mengandung spandek dan lebih banyak nilon ketimbang katun. Selain itu, cucilah legging dengan air dingin dan cukup diangin-anginkan.

- Sepatu olahraga
Menurut Clara Kerley, spesialis produk sepatu ASICS America, mayoritas sepatu lari didesain untuk tetap nyaman dipakai 500 km sampai 800 km. Karena itu, umur sepatu sangat tergantung kualitasnya dan seberapa sering dipakai.

Kerley menyebutkan ciri-ciri sepatu olahraga kita perlu diganti, yaitu ketika sol karet sepatu tak lagi menempel dengan baik ke busa, bagian busa di bagian sol berkerut, sepatu cenderung miring ke satu sisi saat menapak di permukaan yang rata, atau ada lubang di bagian atas jari-jari kaki.

- Pakaian senam
Dibandingkan dengan perlengkapan olahraga lainnya, pakaian senam cenderung lebih awet. Walau begitu, jika bahannya lebih muda berbau saat berkeringat, mungkin ini waktunya untuk mengganti.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/13/110000220/waktu-yang-tepat-pensiunkan-pakaian-olahraga-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke