Salin Artikel

Awas, Kebiasaan Ini Bikin Kaki Bau

Saat kita tidak memakai kaus kaki, keringat tak akan terserap dengan baik sehingga memunculkan kelembapan di kaki. Dan kondisi itu ternyata rentan terhadap infeksi jamur.

“Bakteri akan berkembang di situ,” kata dermatolog Kevin Maharis dari Maharis Clinic, Jakarta, Selasa (13/2/2018). 

Nah, apakah setelah mengenakan kaus kaki, bau tersebut tak akan muncul? Bau akan tetap ada bila kita tak memperhatikan kebersihan.

Kevin menyarankan untuk pakai bedak anti-deodoran—mengandung anti-bakteri— sebelum mengenakan kaus kaki. Selain itu, kita juga sebaiknya sering mengganti kaus kaki. 

“Kaki juga mesti dicuci sampai sela-sela jari, karena seringkali bakteri berkoloni di situ. Cukup pakai air dan sabun mandi saja,” ungkap Kevin. 

Kalau merasa tak nyaman dengan keringat berlebih, Kevin menyarankan untuk ke dokter dan suntik de-aktivasi kelenjar keringat. Dia memastikan proses tersebut tak memiliki efek samping.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/14/051200920/awas-kebiasaan-ini-bikin-kaki-bau

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.