Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makan Sayur dan Olahraga Kardio Tak Efektif Usir Lemak, Lalu?

Tentu saja, kita pasti percaya dengan saran tersebut. Lagi pula, memiliki tubuh ideal adalah impian setiap orang, bukan?

Namun, salah satu pakar kebugaran mengatakan, tips tersebut ternyata bukanlah cara yang paling efektif untuk mendapatkan bobot tubuh ideal.

Melakukan banyak aktivitas kardio dan konsumsi sayuran hijau justru membuat tubuh terlihat "kurus (tapi) gemuk", daripada tubuh ramping dan kencang yang kita inginkan.

Demikian dikatakan pakar kebugaran bersertifikasi dari Australia yang bernama Camilla Akerberg.

Menurut Camilla, olahraga kardio secara intensif hingga lima kali seminggu bukanlah cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Jadi apa yang harus kita lakukan?

Camilla merekomendasikan latihan beban sebagai olahraga yang membantu untuk meningkatkan massa otot, tanpa harus menambah lemak tubuh.

Selain itu, aktivitas ini juga mampu membakar lapisan lemak yang menyelimuti otot kita.

Dia menyarankan untuk menggunakan latihan beban yang berat dan melakukan setiap gerakan sebanyak 8-12 repetisi.

Cara ini berguna untuk memastikan otot kita berada di bawah tekanan yang cukup untuk menuai manfaat hipertrofi atau peningkatan ukuran otot karena pembesaran sel.

Bila massa otot dalam tubuh lebih besar, tingkat metabolisme kita akan lebih tinggi yang pada akhirnya akan mampu membakar kalori lebih banyak.

Terlebih lagi, olahraga yang berbasis pada beban membuat kita mengeluarkan lebih banyak keringat dan melatih sistem pernapasan.

Jadi, dengan menerapkan olahraga ini, secara otomatis kita juga melatih sistem kardiovaskuler.

Cara paling efektif untuk mengusir lemak berlebih di tubuh adalah kombinasi olahraga beban dan kardio.

Dengan kata lain, Camilla menyarankan kita untuk melakukan olahraga HIIT (High-intensity interval training)atau latihan intensitas tinggi sebagai bentuk olahraga kardio yang paling efisien.

Baca: Ternyata, DNA Tak Berpengaruh terhadap Pilihan Pola Diet

Mengonsumsi makanan seimbang dan sehat tentu saja penting jika kalian ingin melihat hasilnya. Tapi, ini bukan berarti kalian harus memperbanyak konsumsi sayuran hijau.

Yang perlu diperhatikan adalah konsumsi protein tanpa lemak, lemak sehat, karbohidrat, sayuran berserat dan buah-buahan segar.

Kita juga tak perlu melakukan diet yang terlalu ketat. Diet terlalu ketat justru membuat bobot tubuh cepat mengalami kenaikan kembali.

Selain itu, mengurangi asupan kalori juga penting bagi kalian yang ingin menurunkan berat bandan. Tapi, jangan mengurangi asupan kalori terlalu ekstrem.

Menurut Camilla, konsumsi salad dan memperbanyak aktivitas kardio hanyalah persepsi umum untuk memperoleh tubuh langsing.

Memiliki tubuh langsing, kata Camilla, bukanlah tentang mengurangi asupan makanan.

"Ini tentang makan nutrisi yang tepat dalam jumlah yang tepat yang sesuai dengan tubuh dan tujuan kalian."

"Makanan bukan musuh, tapi kunci tubuh yang sehat, metabolisme yang cepat dan kemampuan untuk mendapatkan hasil," tambah dia.

Camilla juga menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang belum mengalami pemrosesan dan meminta kita untuk mengurangi alkohol.

Sesekali, kita juga harus membiarkan diri kita menikmati makanan yang kita sukai.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/26/143000820/makan-sayur-dan-olahraga-kardio-tak-efektif-usir-lemak-lalu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke