Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sehat Fisik dan Mental Berkat Pakai Kain dan Kebaya Tiap Hari

Di samping melestarikan kebudayaan, menggunakan kebaya dan kain ternyata punya manfaat kesehatan, lho. Apa saja?

Salah satu inisiator Perempuan Berkebaya, Lia Nathalia merasakan sejumlah manfaat kesehatan setelah dirinya memakai kebaya dan kain untuk sehari-hari. Salah satunya adalah menyehatkan area kewanitaan.

"Pakai kebaya setiap hari, untuk kesehatan bagus. Sejak saya berkain-berkebaya saya enggak pernah pakai pantyliner, enggak pernah ada bercak, pokoknya kering. Daerah kewanitaan juga sehat. Mungkin karena pakai kain jadi ada ruang, sehat sekali memang," ujar Lia saat ditemui dalam sebuah acara di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018).

Selain itu, memakai kebaya dan kain menurutnya juga baik untuk kesehatan mental. Perempuan akan cenderung selalu merasa cantik saat mengenakannya.

"Buat kesehatan mental, boleh percaya atau enggak, kalau pakai kebaya-kain rasanya cantik," tutur inisiator Chattra Kebaya itu.

Kebaya dan kain juga bisa menjadi kontrol bagi setiap orang untuk menjaga tubuhnya. Misalnya, saat seseorang melihat dirinya menggemuk, maka ia akan terpacu untuk olahraga.

Memakai kebaya dan kain juga membuat seseorang terus belajar tentang filosofi kain daerah. Lia menekankan, ini tak hanya berlaku untuk kain batik tapi juga untuk kain-kain daerah di seluruh Indonesia.

Dengan mengenakan kebaya dan kain, menurutnya seseorang perlu memahami budaya agar tidak salah.

"Jadi saya banyak belajar budaya justru setelah saya pakai kebaya dan batik (sehari-hari)," ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/09/112300320/sehat-fisik-dan-mental-berkat-pakai-kain-dan-kebaya-tiap-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke